Perkuliahan dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Suasana saat mahasiswa sedang praktek di laboratorium Teknik Elektro/Telekomunikasi PNJ. (Foto: Maria)

DEPOK – Setiap malam, hampir semua manusia di bumi ini menggunakan sebuah temuan ilmu pengetahuan yang kita sebut sebagai listrik. Secara lebih luas, Jurusan Elektro adalah ilmu yang mempelajari rekayasa mengenai listrik, elektronika, telekomunikasi, komputer, kendali yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Di perguruan tinggi, jurusan yang membahas tentang kelistrikan adalah Jurusan Teknik Elektro. Bicara tentang Teknik Elektro, maka pikiran kita langsung berpikir tentang listrik arus kuat, arus lemah atau listrrik searah, dan bolak-balik.

Hanya saja pada saat ini bidang elektronika tidak lagi sederhana seperti pada masa lalu. Cangkupan bidang teknik elektro sangat luas, hampir seluruh bidang berhubungan dengan pemanfaatan listrik dan teknologi.

Teknik Elektro dengan bidang bahasan yang sangat luas dapat dipecah menjadi berbagai konsentrasi, diantaranya teknik telekomunikasi, teknik listrik, teknik kendali, teknik instrumentasi, teknik computer, dan elektronika. Selain berfokus pada bidangnya sendirinya dapat disinergikan dengan bidang ilmu lainnya seperti instalasi listrik untuk bangunan dan sebagainya.

Dilansir dari laman elektro.pnj.ac.id, berdirinya Politeknik Negeri Jakarta pada tahun 1982 sudah ada Jurusan Teknik Elektro. Sejak berdirinya sampai sekarang, kurikulum PSTEI telah mengalami beberapa kali penyesuaian berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan teknisi bidang teknik instrumentasi dan kontrol di industri. Penyesuaian kurikulum terakhir dilakukan pada tahun 2007 dan digunakan sebagai dasar proses belajar mengajar sampai tahun 2012.

Jurusan Teknik Elektro ini terdapat 6 program studi seperti Teknik Telekomunikasi(D3), Teknik Listrik(D3), Teknik Otomasi Listrik Industry(D4), Teknik Broadband Multi media(D4), Teknik Elektronika Industry(D3), dan Teknik Instrumentasi dan Kontrol Industry(D4). Menyelenggarakan program regular untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro.

Dandun Widhiantoro, Amd, MT selaku Dosen Politeknik Negeri Jakarta mengatakan dalam mengajar saya memberikan materi teori menggunakan slide, menyiapkan pertanyaan untuk mahasiswa yang berkaitan dengan telekomunikasi dan lebih banyak praktek di laboratorium. “Keunggulan dari Teknik Elektro di PNJ satu-satunya memiliki S2. Jadwal mata kuliahnya pun diadakan malam karena pasarannya orang kerja,”katanya.

“Hampir gak ada bedanya sama sekolah, paling beberapa dosen cara mengajarnya agak susah. Dan jam mengajarnya kebanyakan gak ada kejelasan mau mulai kapan,” ujar Patuan Bona Patick Samosir (19) Mahasiswa Teknik Elektro/ Telekomunikasi.

Berbeda dengan Jurusan Teknik Elektro di Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka yang biasa disebut UHAMKA. Program Studi yang terkemuka di Wilayah DKI Jakarta pada Tahun 2020 dalam menghasilkan lulusan Teknik Elektro yang unggul di bidang Telekomunikasi, serta memiliki kecerdasan spritual, intelektual, emosional, dan social, melansir dari laman uhamka.ac.id

Jurusan Teknik Elektro atau Telekomunikasi UHAMKA berstrata S1. Mampu menyelesaikan studi tepat waktu minimal 25%. Meningkatkan mutu dan relevansi Program Studi Teknik Elektro dengan titik berat pada pendidikan dan latihan yang memberi kontribusi pengembangan tenaga kerja yang terampil, mampu bekerjasama, dan mampu mengikuti perkembangan teknologi telekomunikasi berdasarkan nilai – nilai keislaman.

“Terkadang dalam proses pembelajaran, setelah dosen memberikan kesempatan siswa kan untuk mengajukan pertanyaan yang akan dibahas tetapi banyak yang tidak mengajukan pertanyaan seolah-olah mengerti tapi sebenarnya bingung mau apa yang ditanyain,”ujar Marcel Suandi Mahasiswa Teknik Elektro UHAMKA semester 4.

Prospek Lulusan Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di berbagai bidang industri, misalnya di pembangkitan, transmisi, distribusi tenaga listrik (Perusahaan Listrik Negara atau Perusahaan Listrik Swasta, industri besar), industri perancang/penghasil komponen listrik/elektronika, industri-industri pada umumnya yang sarat dengan mesin-mesin listrik, instrumentasi, pengaturan (control system), pusat komputer dan jaringannya, BUMN, industri jasa telekomunikasi, industri peralatan telekomunikasi, industri elektronika konsumen, perminyakan, dan sebagainya, seperti dilansirkan dari. (Maria Fransiska)

Comments

comments