Peran Pemuda Menjelang Pilkada

Ilustrasi. (Istimewa)

Pilkada menjadi berita terhangat sepanjang 2018 dikarnakan pesta rakyat tersebut akan diadakan pada tahun 2018 ini. Dan yang paling hangatnya lagi ialah beberapa pasangan calon kepala daerah yang merebutkankan kursi singgahsana kepemimpinan daerah. Dan hal itu akan memunculkan banyak berita tentang pasangan calon menjelang pilkada. Pesta demokrasi ini tentu sangat ditunggu tunggu oleh banyak kalangan masyarakat yang akan memilih siapakah pemimpin yang akan menduduki kursi singahsana kepemimpinan. Lalu apa kaitannya dengan pemuda?

Di Indonesia remaja berusia 17 tahun yang sudah memiliki ktp mempunyai hak atas suaranya dalam menentukan pemimpin yang akan dipilihnya untuk 5 tahun kedepan. Dari hal tersebut sebagai pemimpin tentu itu adalah poin poin berharga dalam hak suara yang akan menentukan mereka dalam perebutan singgahsana kepemimpinan. Oleh karena itu penting bagi pemerintah memberikan banyak informasi yang tepat dan terealisasi agar para remaja ikut andil dalam pemilihan pilkada.

Penulis mencari tahu apakah pada pilkada tahun ini tingkat pemilih yang ingin meberikan hak suaranya banyak yang berpartisipasi atau lebih kepada tidak perduli. Penulis memulai mencari tahu pada pemuda di kelurahan curug kecamatan bojongsari kota depok. Setelah mendapatkan informasi untuk saat ini mengenai isu pilkada terutama pilkada jabar pemuda di daerah curug tentunya tidak sedikit yang mengetahui hal itu dan terus mencari informasi tentang hal itu. Setelah melakukan wawancara penulis mendapatkan seorang remaja yang saat ini selain sibuk dalam kegiatan kepemudaan dan sosial ia juga sibuk dengan kegiatan menjelang pemilu. Ia menjadi bagian dalam panitia panwascam artinya dalam kurun waktu beberapa bulan lagi pemuda tersebut mempersiapkan segala macam persiapan menjelang pilkada jabar 2018 mendatang . selain itu ada pula pemuda lainnya Menjelang pilkada kali ini ia menjadi bagian dari salah satu partai dan kegiatan nya ialah mempersiapkan para saksi untuk partai tersebut. Dan adapula remaja remaja lain yang saat penulis tanyakan tentang pilkada mereka menjawab dengan antusias dan bersemangat menjelang pilkada 2018. Artinya di kelurahan curug kecamatan bojongsari kota depok itu sendiri pemuda di dalam nya sangat antusias dalam pilkada jabar 2018, dan menjadi angin segar juga bagi para cagub dan cawagub.

Dari hasil yang telah disampaikan oleh penulis diatas. Penulis mengajak kepada kalangan pemuda yang sudah mempunyai hak untuk memilih pemimpin untuk ikut dan antusias dalam pilkada serentak 2018 ini . dikarnakan hal ini menentukan masa depan jawa barat lima tahun kedepan. Selain itu penulis mengajak untuk para pemilih baik pemuda ataupun dewasa agar tetap memilih dengan kejujuran tanpa adanya sogokan dan hal ha lain yang tidak jujur dalam pilkada.

Yuk nyoblos ! kita pilih pemimpin sesuai dengan hati nurani kita, yang baik, jujur dan perduli terhadap rakyatnya. Jangan lupa pilkada jawa barat 2018 , tentukan cagub dan cawagub pilihan anda untuk memperbaiki jawa barat lima tahun kedepan.

-Tri Alpiana

Comments

comments