Pentingnya Pembelajaran Untuk Memasuki Dunia Pekerjaan

(Foto: Rury Ashofiyah)

DEPOK- Di jaman sekarang sangatlah sulit untuk bisa memasuki dunia pekerjaan. Semua orang bersaing secara sehat agar mendapatkan pekerjaan yang bagus, apa lagi bagi kalangan mahasiswa yang baru saja lulus kuliah dan ingin cepat mendapatkan kerja.

Zulia Dewi Kurniawati mahasiswa Universitas Gunadarma mengatakan, “Yang harus di persiapkan untuk menghadapi persaingan (pekerjaan) itu, yang pertama kita harus meningkatkan kompetensi diri dalam menghadapi persaingan mempunyai sifat keinginan tahu yang tinggi dan meningkatkan keterampilan kita. Yang kedua mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi dan bersinergi dengan pesaing.”

Kebutuhan untuk memasuki dunia kerja sangat penting dipersiapkan sebelum mahasiswa dinyatakan lulus. Tidak hanya puas berbekal skill atau ilmu yang diajarkan selama pembelajaran di kampus. “Kalau ilmu basic ilmu nya harus tahu, tapi yang jauh lebih diutamakan adalah royalitas, totalitas, tepat waktu, kejujuran, dan disiplin.” Ujar Mawar Dosen Elektro Universitas Gunadarma.

“Yang penting kan bukan siapa saya, tapi kan tentang pendapat saya tentang mahasiswa D3 bagaimana S1 bagaimana.” Ujar Mawar Dosen Elektro Universitas Gunadarma.

Ada hal yang penting yang menjadi tolok ukur keberhasilan mahasiswa dalam dunia kerja nanti setelah lulus kuliah. Salah satu nya adalah soft skill yang menyertai keterampilan atau hard skill. Untuk itu, meningkatkan soft skill menjadi modal penting bagi mahasiswa sebelum mereka lulus dan terjun ke dalam dunia kerja. Asri Novita mahasiswa Universitas Gunadarma mengatakan, “Kiat-kiat supaya mendapatkan kerja yang bagus setelah lulus kuliah nanti adalah perbanyak relasi hubungan yang baik dengan teman, terutama dengan teman yang sudah bekerja, mengikuti job fair dan mengirim surat lamaran, saat kuliah coba magang di beberapa kantor.”

“Bagaimana saya menasehati kepada mahasiswa tentang memasuki pekerjaan nanti, saya nomer satu lebih mengutamakan bahwa anda akan suatu saat menghadapi hutan rimba, sehingga untuk siap terjun ke hutan rimba saya lebih mencoba membukakan di luar sana ada apa anda harus hadapi binatang buas, alam, badai, angin topan dan saya motivasi lebih kepada itu. Biasanya yang saya bawa motivasi itu adalah profil alumni yang saya tahu dulu gimana sekarang suksesnya gimana. Dulunya pada saat mahasiswa dia malesnya gimana sekarang terpuruknya gimana. Harapan saya cerita itu bisa jadi motivasi buat mahasiswa saat menghadapi dunia setelah lulus. Karena akan berbeda 180 derajat.” Ujar Susilawati Thabrany Dosen Teknik Grafika dan Penerbitan,Politeknik Negeri Jakarta.

Wisnu Dwi Prawaba mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta mengatakan, “hal-hal yang harus diperhatikan supaya mendapatkan suatu pekerjaan yaitu belajar yang rajin serta banyak berlatih dan tekun.”

Oleh Rury Ashofiyah, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Comments

comments