Penting! Metode Praktik Untuk Ilmu Kesehatan

DEPOK – Metode pembelajaran dapat diartikan juga sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Membangun proses pembelajaran untuk mahasiswa yang akan memiliki peningkatan dalam kemampuan.

Mencoba menggali metode pembelajaran yang ada dalam Mahasiswa Kesehatan, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara pembelajaran di dalam ilmu kesehatan. Sementara taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.

Seperti halnya yang dilontarkan oleh Milla Vera Mahasiswa Kebidanan Stikes Bhakti Pertiwi, ia mengatakan “Saya sih lebih suka praktek, karena setiap semester selalu ada praktek, prakteknya sesuai dengan apa yang sudah dipelejari di kelas, seperti sekarang ini saya lagi terjun kelapangan selama sebulan. Jadi untuk mahasiswa kebidanan jelas akan lebih memilih praktik luar ketimbang di kelas, dikelas cuma 30% lah ibaratnya.”

Secara umum tujuan metode pembelajaran yang ada dalam ilmu kesehatan ini adalah praktik luar, karena untuk meningkatkan kemampun mahasiswa agar bisa memilihara dalam mengatasi pembelajaran. Mendorong keinginan mahasiswa untuk mengetahui, mendalami dan memberikan pengertian yang lebih baik dalam penerapan yang sudah diajarkan dosen, bagaimana membawa metode pembelajaran yang berpengaruh untuk mahasiswa tersebut.

Berbeda dengan Nur Intan Amanda Mahasiswa Stikes Binawan, dia mempunyai sikap mengembangkan metode pembelajaran sendiri dengan membeli buku-buku kesehatan yang mampu menambahkan untuk memahami pembelajaran di dalam kelas. “Kalau untuk praktik saya bisa menemukan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah diajarkan di kampus, sebenarnya lebih enakan dipraktik sih, karena kita bisa tahu apa saja tanpa kita sadari. Tapi kita juga tidak boleh melupakan teori yang diajarkan di kampus karena itu bekal kita untuk di dalam praktik,” kata Amanda

“Saat belajar tugas utama dosen adalah memberikan pemahaman tapi tanggung jawab itu sendiri ada pada mahasiswa, karena penting untuk menambahkan kesadaran agar mahasiswa punya self ourness agar pemahaman dan pengertian itu jadi tanggung jawab dia sendiri. Penting juga dalam pembelajaran menciptakan sebuah metode, kaya saya yang mempunyai metode pembelajaran itu seperti Mata Ajar KMB, dan Medikal Bedah nanti mahasiswa akan diberikan satu artikel terkait topik pembelajaran, dan pada saat di kelas saya akan memakai selecture yang akan dibahas,” ujar Ns. Puji AW. S Kep,MN.

Pada hakikatnya metode pembelajaran dalam ilmu kesehatan adalah suatu kegiatan atau usaha untuk memiliki kemampuan praktik secara langsung. Dengan harapan adanya praktik langsung tersebut, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik. Dengan kata lain, adanya metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat membawa akibat terhadap perubahan sikap dan sasaran dalam suatu proses ilmu kesehatan yang menuju tercapainya tujuan.

– Ani Aprilliani, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta progam studi Jurnalistik

Comments

comments