Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Istimewa)

Biji jagung mengandung nutrisi yang cukup banyak, seperti karbohidrat, protein, vitamin, zat besi dan kalium. Sebab itu,bijinya adalah bagian jagung yang paling sering dikonsumsi manusia. Namun, ternyata ada bagian lain yang paling sering dilewatkan untuk dikonsumsi, yaitu rambut jagung yang muncul dalam sekam. Banyak yang mengira rambut jagung tidak bermanfaat dan tidak bisa dikonsumsi. Kenyataannya bagian ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita dan dapat dijadikan teh.

Seperti dilansir dari Step to Health, dibawah ini ada beberapa manfaat teh rambut jagung bagi kesehatan.

Mengatasi nyeri sendi

Teh rambut jagung bersifat basa dan anti inflamasi sangat baik untuk mengobati nyeri sendi. The rambut jagung juga bisa mengurangi tingkat keasama tubuh dan mengurangi reaksi tubuh terhadap mikroorganisme.

Melancarkan hidung tersumbat

Teh rambut jagung juga bermanfaat membersihkan saluran pernafasan, mengurangi peradangan pada tenggorokan, serta mencegah pilek dan flu. Rambut jagung mengandung sifat ekspektoran yang bisa meredakan hidung tersumbat.

Melawan racun dalam tubuh

Rambut jagung juga mengandung antioksidan yang bisa menghapus racun dalam tubuh. Manfaat ini bisa mengurangi kerja hati, sehingga fungsi ekresi tubuh lebih maksimal.

Meredakan sakit kepala

Teh rambut jagung dapat meredakan sakit kepala yang cukup parah. Selain itu, rambut jagung juga berfungsi menenangkan syaraf, melancarkan sirkulasi darah, dan mengurangi kekakuan dileher, bahu, dan rahang kita.

Menenangkan ketegangan otot

Para atlet sangat dianjurkan untuk meminum the rambut jagung. Ini karena bisa membantu menenangkan ketegangan otot setelah mereka melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. Rambut jagung yang rendah kalori juga membantu penyerapan air dalam tubuh serta menjaga kadar elektrolit agar tetap seimbang.

Itulah beberapa manfaat dari rambut jagung yang sering kita anggap tidak bermanfaat.

Oleh: Aditia Rahman Allawi

Comments

comments