Maksimalkan Potensi Generasi Millenial

Ilustrasi. (Istimewa)

Belakangan ini, generasi millenial menjadi topik perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat. Pembincangan ini tidak hanya mencakup sisi teknologi saja, tetapi juga mencakup sisi pendidikan, moral, dan budaya. Namun, Siapakah sebenarnya generasi millenial itu?

Generasi millenial adalah generasi yang lahir setelah tahun 1980 sampai 2000. Millenial sendiri sangatlah spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal ini dapat terlihat dari mahirnya generasi millenial terhadap teknologi, pola pikir yang kritis, tingginya rasa kemandirian, jiwa berwirausaha yang membara, lebih mengutamakan pendidikan, memiliki inovasi-inovasi yang cemerlang, serta karya nyata dalam kehidupan.

Namun kini, masih banyak generasi millenial yang kurang memanfaatkan potensi dirinya secara efektif, sehingga memberikan dampak buruk tersendiri kepada mereka. Nyatanya kini banyak generasi millenial yang memanfaatkan kemajuan teknologi hanya untuk sekedar berselfie ria, aktif di sosmed tanpa memberikan keuntungan apa-apa bagi dirinya, lebih cenderung permisif karena terlalu terbuka terhadap perubahan, berkurangnya social skill sebagai akibat dari perkembangan teknologi, dan menjadi kurang menghargai suatu proses karena generasi milenial kini ingin semua hal yang serba instant.

BACA JUGA:  Mempersiapkan Diri Meraih Berkah Ramadhan

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan potensi kita sebagai generasi milenial:

1. Memiliki fashion yang jelas.

Hal ini sangatlah penting agar kita bisa mengenali diri kita dengan baik sehingga kita menjadi tahu apa yang harus di lakukan untuk menggapai cita-cita kita. So, segeralah temukan apa fashion kita dan berkaryalah dengan fashion kita tersebut!, karena hasilnya akan luar biasa dan membuat kita merasa “lebih hidup”. Ketika kita tau apa passion kita, setiap hari kita bakal selalu berusaha untuk mengasah kemampuan diri kita. Kita nggak akan bosen untuk terus belajar supaya kita bisa mewujudkan cita-cita kita yang berhubungan sama passion.

BACA JUGA:  Tanamkan Kepedulian Sosial pada Anak, SD Avicenna Gelar "Avicenna Bergerak Untuk Disabilitas"

2. Totalitas dalam melakukan segala sesuatu

Totalitas adalah mereka yang mengerjakan suatu pekerjaan dengan memberikan segalanya baik harta tenaga pemikiran secara keseluruhan. Jika kita mengerjakan suatu hal dengan setengah hati, maka akan rawan untuk gagal sebab setiap langkah yang kita ambil tidak akan optimal, kita akan mengerjakan hanya seingatnya saja, asal-asalan, tanpa keterampilan yang memadai, dan tidak fokus.

Totalitas artinya hati, pikiran, dan tindakan Anda benar-benar tercurah untuk meraih mimpi Anda.

3. Mempunyai integritas, komitmen, dan disiplin yang tinggi

BACA JUGA:  TAC Chapter Bogor-Depok Gelar Muschaplub

Integritas, Komitmen, dan disiplin yang tinggi adalah hal yang tidak boleh hilang dalam diri generasi millenials. Karena ketiganya menunjukkan siapa diri kita yang sesungguhnya, karakter sejati kita, dan tanpa adanya ketiga hal tersebut, mustahil anak-anak muda generasi millenial dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Mari kita sama-sama lakukan hal-hal tersebut agar kita bisa menjadi generasi milenial yang berdaya dan memberdayakan orang lain. Mari kita buat dunia tercengang dengan karya-karya kita.

Rahmawati Nur Ma’rufah – Mahasiswi STEI Sebi

Comments

comments