Kesulitan dalam Bersosialisasi dan Solusinya

Ilustrasi. (Istimewa)

Pergaulan adalah elemen penting harus dimiliki oleh seseorang dalam keterampilan hidup. Jika kalian merasa kesulitan dalam bergaul, dalam membangun relasi, dalam berkomunikasi, waspadalah!. Semakin kalian menutup diri dari lingkungan, semakin kecil kesempatan dan peluang kalian untuk mewujudkan impian, meraih prestasi, dan mengaktualisasi diri.

Dan tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini masih sangat banyak orang yang mengalami kesulitan dalam bergaul, tentu saja hal ini akan membawa dampak buruk baginya. Bagaimana tidak? Hal ini menyalahi fitrah manusia sebagai makhluk sosial.

Penyebab Sulitnya seseorang bersosialisasi dapat dari berbagai macam faktor, di antaranya:

1. Introvert.

Kepribadian ini seringkali terjadi karena faktor genetika. Seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini, cenderung tertutup, kaku, tidak mampu memulai percakapan, tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan tidak mampu untuk menyesuaikan pembicaraan dengan orang lain.

2. Kurangnya rasa percaya diri.

Penyebab utama dari rasa tidak percaya diri ini adalah tekanan dalam melakukan suatu aktivitas berupa, perasaan tidak mampu, tidak pandai, perasaan cemas, takut, gelisah, minder, dan bisa jadi rasa trauma atas kegagalan atau kejadian buruk dimasa lalu.

3. Lingkungan yang tertutup.

Lingkungan memiliki andil yang besar dalam membentuk pribadi seseorang. Terlebih di zaman sekarang, zaman yang lebih menjunjung tinggi nilai individualis dibandingkan nilai sosialis. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan seseorang dalam bergauTempat adanya gangguan emosional seseorang yang memiliki tingkat emosional yang tinggi cenderung akan dijauhi oleh seseorang dan juga akan memberikan gangguan pada dirinya.

Lantas, bagaimana solusinya untuk kalian yang memang merasa memiliki kesulitan dalam bergaul? Keep calm! Take a Deep Breath! Berikut ini adalah beberapa saran yang dapat kalian lakukan untuk membuka diri dan menjalin relasi:

1. Bersyukur terhadap kondisi dirimu saat ini.

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Itu adalah Sunnatullah. Allah menciptakan setiap manusia dengan kelebihan dan kekurangannya. Kalau memang kamu ditakdirkan memiliki kepribadian introvert, maka syukurilah!, syukuri pemberian yang Allah berikan tersebut dan bukannya marah-marah atau malah iri kepada orang lain yang mudah bergaul. Bersyukur juga dapat menimbulkan rasa percaya diri, yang dengan sendirinya akan memudahkan kita dalam bergaul.

2. Tumbuhkan sifat simpati dan mengerti orang lain.

Seorang ahli pengembangan diri mengatakan: “seorang yang memahami orang lain adalah orang yang telah kenal dengan dirinya sendiri, dan adalah orang yang telah mengenal Rabb-nya”. Ketika sedang mencoba mengerti apa yang diinginkan oleh orang lain maka kita harus ikut menyelami perasaan mereka. Itulah cara bergaul yang mudah, dengan menumbuhkan rasa simpati dan memahami orang lain.

3. Carilah teman yang dapat mengerti akan kondisi dirimu.

Tidak perlu membutuhkan banyak teman tetapi cukup dengan seorang sahabat yang benar-benar mengerti akan kondisi dirimu saat ini, yang nantinya akan membantumu ketika engkau sedang membutuhkannya, dan juga akan mengingatkanmu ketika engkau sedang berbuat salah.

Rahmawati Nur Ma’rufah – Mahasiswi STEI Sebi

Comments

comments