Fasilitas Kampus yang Baik Mewujudkan Prestasi yang Unggul

Salah satu ruang fasilitas d PNJ. (Foto: Nurhamidah)

DEPOK – Keberadaan sarana dan prasarana di sebuah institusi merupakan peran yang sangat penting. Fasilitas yang lengkap juga mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang kondusif. Tidak terkecuali bagi perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Sudah semua perguruan tinggi sudah menerapkan fasilitas yang baik seperti halnya akses internet (wifi), laboratorium, penggunaan proyektor dalam pembelajaran dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya jaman, proses atau penerapan pembelajaran juga semakin maju dengan terlibat secara langsung.

Fasilitas juga harus diimbangi dengan pemanfaatan oleh dosen dan mahasiswanya. “Perkembangan IT maju tidak nutup kemungkinan masih banyak dosen-dosen khususnya dosen senior kadang-kadang pemanfaatan terhadap IT itu kurang hanya saja membuat power point itu masih sulit, masih ada walaupun mungkin porsinya sudah kecil, dan sudah banyak dosen memakai power point,” jelas Indra Jaya M.pd, Dosen Universitas Negeri Jakarta (PNJ).

Kemajuan teknologi sekarang, tidak membuat bagi para mahasiswa untuk tidak buntu pengetahuan.

Sementara Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Vokasi dan Profesi PNJ, Hendra Suryanto mengatakan, secara general itu masih butuh peningkatan, seperti SCL (Student Centered Learning) ini perlu peningkatan terus-menerus. Artinya, pembelajaran yang mahasiswa menjadi aktif terlibat di dalam yaitu perlu ditingkatkan.

Sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen yang menentukan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Sarana dan prasarana bagian penting dari penyajian pembelajaran yang baik. (Nurhamidah/PNJ)

Comments

comments