Bukan Hanya Sekadar Teori Tetapi Praktik

(Foto: Areta)

DEPOK – pendidikan yang baik akan membuat bangsa menjadi lebih baik. Begitu juga dengan cara pembelajaran yang dilakukan di perguruan tinggi. Cara pembelajaran menggunakan praktik dibutuhkan bagi mahasiswa agar dapat mengerti dan menerapkan teori yang telah dipelajari.

Teori yang terdapat dalam pembelajaran memang diperlukan, tetapi jika hanya sekadar teori mahasiswa tidak bisa mengerti bagaimana menerapkan teori tersebut. Dalam dunia kerja dibutuhkan keahlian yang bagus dengan pembelajaran praktik, “Nanti ketika di dunia kerja kita sudah punya lebih banyak pengalaman praktiknya. Jadi kita nggak kaget ketika sudah kerja,” ujar Rosi Oktari Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

Terjun dalam dunia kerja kemampuan sangat diperlukan, “Setelah lulus apa yang bisa kamu lakukan dan kerjakan,” ujar Nestor Rico Tambunan Dosen Politeknik Negeri Jakarta.

Untuk itu perguruan tinggi juga memerlukan seorang praktisi dalam pembelajaran. Konsultan pajak sekaligus dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Prianto Budi S., Ak., MBA mengatakan, “Disamping ada juga kan dosen pajak tetapi bukan praktisi, jadi ngajarnya lebih ke teori. Kadang kala dosen minta masuk presentasi tetapi mahasiswa sendiri tidak tahu apa yang dipresentasikan. Jadi hanya sebatas mengisi waktu kuliah tetapi lebih ke teori hafalan bukan teori yang dia paham. Itu yang saya lihat kondisi di sini dari sudut utama dosen pajak. Jadi memang ada sebagian akademisi murni dan ada yang sebagian praktisi, nah ini perlu dikombinasikan.”

Peran media juga diperlukan dalam pembelajaran. Media online merupakan sarana yang memuat banyak informasi pada zaman ini, ”Media ini membuat kita mendapatkan ilmu di manapun dan kapanpun. Kita bisa mendapatkan berbagai macam bentuk pembelajaran. Seperti dalam bentuk gambar, video, dan tulisan,” ujar Ristiani Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

Praktik sangat dibutuhkan selain hanya menggunakan teori dalam pembelajaran. Media online juga diperlukan sebagai teknologi yang membantu pembelajaran. (Areta Tubarila)

Comments

comments