Berenuk, Buah Asing yang Kaya Manfaat

Berenuk ? mungkin anda akan mengernyitkan dahi begitu mendengar nama tersebut. Memang tidak banyak yang mengetahui bahwa berenuk adalah buah. Buah yang bernama latin Crescentia cujete ini memang jarang ditemui di pasar ataupun supermarket yang menjual buah – buahan pada umumnya. Biasanya pohon berenuk tumbuh di kebun – kebun, pekarangan, ataupun hanya sebagai tumbuhan pagar saja. Rasa dari buah tersebut adalah pahit, maka tak heran buah tersebut tidak populer dan cenderung diabaikan karena masyarakat merasa asing dengan tanaman tersebut.

Berdasarkan asalnya, berenuk adalah tumbuhan berbentuk pohon asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan tropis. Daunnya tersusun khas, tiga berpasangan. Buahnya besar dan dapat dipakai sebagai bahan obat. Bentuk buahnya bulat dengan diameter rata – rata 15 cm dan berwarna hijau. Sedangkan pohonnya dapat tumbuh setinggi 10 meter. Batangnya berbentuk silindris dan bercabang.

Walaupun berenuk memiliki rasa pahit, ternyata tanaman tersebut memiliki banyak manfaat. Hampir semua bagian tanaman berenuk ( daun, batang, kulit, akar ) bisa dijadikan obat. Berenuk mengandung saponin, dan poliferol. Buah dan daun berenuk mengandung flavonoid, sapotanin, tanin, polifenol, vitamin A, C, E, niasin, riboflavin, thiamin, karbohidrat, dan mineral – mineral yang mencakup natrium, kalium, kalsium, fosfor, dan magmesium. Dilansir dari manfaat.co.id, buah berenuk memiliki manfaat antara lain :

1. Kesehatan dan Kekebalan Tubuh. Kandungan zat polifenol memiliki sifat antioksidan yang sangat baik, melindungi tubuh dari efek radikal bebas.
2. Penurun Panas. Buah Berenuk yang berasa pahit, berkhasiat sebagai penurun panas (antipiretik) dan antirematik.
3. Obat Hipertensi. Akar tanaman Berenuk biasa sebagai obat tradisional untuk penenang jantung berdebar dan juga untuk penurun tekanan darah tinggi (hipertensi).
4. Obat Gangguan Lambung. Rendaman daun dan buah Berenuk bisa untuk mencegah gangguan sistem pencernaan dan pembengkakan pada lambung.
5. Obat Demam. Buah Berenuk bisa atasi demam. Demam adalah manifestasi sistemik dan merupakan gejala utama penyakit infeksi. Salah satunya infeksi ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).
6. Obat Diare. Buah Berenuk bisa dipakai untuk obat pencahar, untuk diarhe . Buah dan bijinya diperas untuk mengobati diarhe, atau sakit perut yang melilit.
7. Obat sakit Pernafasan. Buah Berenuk bisa untuk mengatasi flu dan pilek, serta mengobati bronkhitis, serta asma. Rendaman daun, akar dan potongan buah Berunuk bisa diminum untuk melancarkan pernafasan.
8. Obat Susah Buang Air. Rendaman daun dan daging buah Berenuk bisa untuk mengobati susah buang air kecil (dyssuria).
9. Obat Kulit & Luka. Daun Buah Berenuk dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan tapal untuk luka. Untuk fungsi ini, daun Berenuk dicampur dengan daun sirih dan kapur sirih.
10. Pestisida Nabati. Buah yang memiliki kandungan zat alkaloid ini dapat dipakai sebagai pengusir tikus, kutu daun, dan wereng. Buah Berenuk memiliki efek bakterostatik (menghambat bakteri). Buah ini merupakan alternatif pestisida yang ramah lingkungan dan tidak mempunyai efek racun bagi kehidupan. Potongan buah Berenuk bisa juga untuk mengusir semut. Kulit batang tanamannya bisa untuk meracuni ikan.
11. Obat Bagi Ternak. Selain obat untuk manusia, ekstrak daun buah Berenuk juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit ternak. Di Madura, ekstrak daun buah Berenuk dipakai untuk pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi atau ternak lain.
12. Alternatif Bioenergi. Buah Berenuk berpotensi dikonversi sebagai bioetanol, salah satu alternatif bentuk energi terbarukan.
13. Bahan Kerajinan Tangan. Buahnya bisa dipakai untuk kerajinan tangan seperti tas.
14. Tanaman Pagar. Tanaman Berunuk sering dijadikan tanamaan hias, atau tanaman pagar pekarangan.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung, tanaman berenuk tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Dengan riset dan budidaya tanaman tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa buah berenuk tersebut dapat menjadi potensi sumber daya alam yang bermanfaat mengingat banyaknya khasiat berenuk untuk kesehatan.

-Muhammad Fahru Rhozi

Comments

comments