Momentum Kebangkitan Ekonomi

Ekonomi ini sangatlah berpengaruh bagi kehidupan di masyarakat. Apalagi ekonomi ini suatu hal yang sangat-sangat tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Tentunya banyak sekali efek – efek yang ada di dalam ekonomi itu sendiri. Dari efek itupun bisa mempengaruhi hal – hal yang bersifat positif maupun negatif. Dari efek positifnya ekonomi bisa mempermudah masyarakat untuk bertahan dalam kehidupannya. Sebaliknya, efek negatif bisa membuat masyarakat ter ombang – ambing dalam kehiduannya.

Ekonomi di Indonesia saat ini sangatlah jauh dari apa yang namanya kemajuan ataupun kemakmuran. Bisa kita lihat dalam situasi perekonomian saat ini. Banyak sekali perusahaan – perusahaan asing yang masih mengelola. Bahkan tidak hanya perusahaan asing, dari pekerjanya pun dari orang – orang asing.

Proyek – proyek besar yang sangat – sangatlah merugikan bagi bangsa sendiri. Apalagi proyek tersebut merusak ekosistem kehidupan. Seperti halnya proyek reklamasi yang ada di teluk Jakarta, proyek tersebut kan sangat merusak ekosistem laut?. Penduduk sekitar pantai pun sangatlah rugi, karena kehidupan mereka bergantung pada laut, yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan.

BACA JUGA:  Direksi Muda Mendongkrak Kinerja Perbankan

Pertanyaannya, apa tindakan pemerintah dalam menangani permasalahan tersebut? dan apakah pemerintah sudah tidak percaya lagi terhadap orang – orang asli Indonesia?. PR dan pertanyaan besar bagi pemerintah Indonesia saat ini dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dibalik permasalahan perekonomian yang terjadi saat ini tentunya ada suatu hal yang dapat memberikan solusi mengenai permasalahan tersebut. Ekonomi islam lah yang memberikan solusinya. Disana banyak sekali ilmu-ilmu tentang bagaimana caranya kita untuk bertransaksi dalam kegiatan ekonomi. Disanalah kita diajarkan satu persatu bagaimana caranya kita untuk berniaga. Disanalah ada aturan-aturan yang mengatur dalam kegiatan ekonomi. Jauh sebelum praktek ekonomi yang kita jalani saat ini, islam sudah menetapkan aturan-aturan mengenai kegiatan ekonomi dan mengajarkan bagaimana cara kegiatan ekonomi.

BACA JUGA:  Direksi Muda Mendongkrak Kinerja Perbankan

Saat ini, saat ini adalah momentum kebangkitan ekonomi islam. Ekonomi yang akan membawa masyarakat menuju kemakmuran, ekonomi yang akan membawa masyarakat pada kesejahteraan. Kenapa saya katakana saat ini adalah momentum kebangkitan ekonomi islam, ekonimi umat islam. Saya katakan begitu karena saya melihat dari situasi dan kondisi Indonesia saat ini. Yang mana saat ini kondisi Indonesia sedang dalam tahap transisi menuju , baik dalam segi sosial, budaya, politik, maupun ekonomi. Momentum kebangkitan ini mulai kita rasakan sejak adanya momentum 212.

Momentum tersebut adalah momentum yang sangat berharga bagi umat islam untuk memulai dan menerapkan sistem ekonomi islam. Umat islam harus pandai-pandai dalam membaca dan menggunakan peluang dalam momentum tersebut. Dimana dalam momentum tersebut, ada sebuah peluang yang sangat besar untuk diambil oleh umat islam. Momentum ini adalah momentum yang sangat strategis bagi umat islam untuk memulai bisnisnya. Kita bisa lihat sejak momentum 212 , sudah mulai bermunculan koperasi-koperasi untuk pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:  Direksi Muda Mendongkrak Kinerja Perbankan

Dari sinilah momentum kebangkitan ekonomi islam dimulai. Kebangkitan ekonomi islam akan berlari, kebangkitan ekonomi islam akan menjulang tinggi, dan kebangkitan ekonomi islam akan jaya di negeri ini. Ekonomi yang ditunggu oleh masyarakat, ekonomi yang di nanti-nanti kedatangannya, ekonomi yang harus bersinar di negeri yang memang butuh keberadaan ekonomi islam. Dan kebangkitan ekonomi islam akan membantu memakmurkan serta mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Ditulis oleh : Faqih Fiddien, Mahasiswa STEI SEBI.

Comments

comments