Korelasi Akal dan Hati

Bicara tentang persoalan EQ, SQ, dan IQ mungkin sebagian orang mengatakan bahwa semua hal itu hanya berhubungan dengan kecerdasan akal saja, tetapi jika kita sadari bahwasannya 3 hal itu masing-masing mempunyai definisi yang berbeda. EQ berhubungan dengan hubungan sosial kita dengan orang lain atau bisa dikatakan sebagai kepekaan sosial, SQ berhubungan dengan kecerdasan spiritual atau bisa di katakan hubungan kita kepada Sang Pencipta, dan IQ berhubungan dengan pemahaman intelektual kita.

Rasulullah pernah bersabda : “Ingatlah sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal daging, jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila ia buruk, maka buruk pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah ia adalah hati” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:  Hijrah: Think Less, Do More

Ternyata setelah di telitii, ada hubungan yang sangat erat antara 2 pernyataan di atas. Bagaimana kondisi hatikita inilah yang akan menentukan keadaan diri kita masing , hati yang bersih dan baik akan menjadikan diri kita juga baik secara keseluruhan, Dengan kata lain bahwa kecerdasan spiritual (SQ) akan mempengaruhi kecerdasan-kecerdasan yang lain.

Di zaman yang kekinian ini, terkadang hal yang bersifat spiritual seperti ini sering di kesampingkan dan terkadang di pandang sebelah mata. Karena ada yang beranggapan hal-hal seperti itu adalah pekerjaan manusia zaman old dan bukan termasuk zaman now.

BACA JUGA:  Hijrah: Think Less, Do More

Tetapi ingat lah, bahwasannya… sebuah usaha tanpa adanya rasa tawadu’ kepada Allah SWT hanya akan mendatangkan murka dari Nya, tanpa memberikan keberkahan sedikit pun.

Maka seharusnya sikap kita dalam menhadapi zaman yang kata orang kekinian ini adalah jangan sampai hubungan hamba dan penciptanya (spriritual) itu di nomer dua kan setelah hal-hal yang sejatinya remeh temeh.

jika kita sudah bisa dekat kepada Allah SWT maka Ia akan mudahkan langkah-langkah kita yang selanjutnya,karena tidak ada sesuatu yang tidak mungkin ketika Allah telah berkata “Kun Fayakun” (Hanum Fakhri Zaki)

BACA JUGA:  Hijrah: Think Less, Do More

Comments

comments