Kehidupan Bermasyarakat di Era Digital

Dahulu kegiatan berkomunikasi sesama manusia hanya bisa dilakukan saat bertemu saja. Ya, komunikasi bisa dilakukan jikalau ada lebih dari satu orang. Mulai mengajak bicara satu sama lain membuat komunikasi berjalan.

Tadinya, sebelum ada handphone dengan fitur secanggih yang disediakan sekarang, kehidupan masyarakat berjalan normal saling bertegur sapa saat bertemu. Bahkan ditempat umum pun sekarang orang sibuk dengan gawai-nya masing-masing seakan tak ingin ketinggalan satu detik pun momen dalam dunia internet. Dahulu, mayoritas masyarakat ketika di dalam transportasi umum membaca adalah salah satu alternatif untuk membunuh waktu lamanya perjalanan. Sekarang hal itu mungkin perlahan hilang.

Namun dimasa sekarang ini, perkembangan teknologi yang bisa mendekatkan jarak orang-orang yang jauh membuat komunikasi semakin mudah. Tak perlu bertatap mata, cukup dengan koneksi internet, Anda bisa berbicara dengan siapapun yang ada di pelosok bumi.

Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman yang semakin mempermudah komunikasi antarmanusia seolah membuat kita meremehkan komunikasi yang harus dijalan terhadap sesama.

Perlahan, komunikasi dalam bertatap muka makin ditinggalkan. Telepon dan video call menjadi andalan utama manusia zaman sekarang dalam menpermudah komunikasinya.

Ya memang dalam kemajuan teknologi zaman sekarang, kita semakin di mudahkan dengan segala fitur yang disediakan di internet. Sekarang mulai dari memesan makanan, memesan alat transportasi yang memudahkan penggunanya cukup menunggu dirumah tanpa harus mencari, berbelanja kebutuhan apapun lewat internet, sampai membayar berbagai macam tagihan yang dengan mudah dilakukan dalam sekejap tanpa memakan waktu yang lama.

Namun dalam penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam internet di masa sekarang ini, sesungguhnya jika di telaah lebih dalam, ada sisi negatif dan positif dari penggunaan teknologi di era digital ini yang mempengaruhi cara berkomunikasi manusia.

Sisi positifnya memang sekarang kita dengan cepat bisa mendapatkan informas dari seluruh belahan dunia mana pun, adanya internet seolah membuat kemampuan mengetahui manusia sama. Bedanya hanya yang punya akses ke internet dan yang tidak saja. Dunia pendidikan kita juga sangat butuh peran internet, dimana para pendidik dan peserta didik dapat tahu informasi dengan cepat serta terampil dalam mengarungi bidang pekerjaan kedepannya nanti.

Negatifnya, peran internet yang saat ini dinilai sudah memecah silaturahmi antar sesama, memutuskan agar tak berbicara langsung satu sama lain, menganggap enteng komunikasi itu sendiri akibat adanya handphone. Orang-orang sekarang mungkin lebih mudah mengirim emoticon di handphone ketimbang melempar senyuman saat berpapasan.

Solusinya adalah kita masing-masing harus sadar, memang kita hidup di zaman yang tak seperti dulu mengharuskan merpati mengirimkan kertas berisikan pesan atau musti jauh-jauh datang demi menyampaikan sesuatu, tetapi kita juga harus ingat bahwa kita hidup tak sendiri. Sadarlah, banyak orang yang hidup juga selain kita. Rasanya selama masih hidup di dunia kita akan saling bergantung satu sama lain dan mari saling hilangkan keegoisan kita dalam berhandphone ria. (Rahmalia)

Comments

comments