Kapan Anak Boleh Diberikan Ponsel?

Ilustrasi. (Istimewa)

Pnsel atau Telepon Seluler merupakan salah satu alat komunikasi yang kini kian marak penggunaannya, dan tahukah anda dengan kemajuan teknologi kini perkembangan Handphone semakin meningkat, mulai dari Nokia yang dikenal dengan hp sejuta umat dan hingga saat ini yang popular adalah Android & Iphone.

Namun, dengan berkembangnya teknologi saat ini ada sisi kebaikan dan ada pula sisi keburukan yang ditimbulkan dari teknologi tersebut. Terutama bagi kalangan anak-anak yang mana dapat membentuk karakter yang individualis dan enggan berinteraksi dengan sosial.

Hal inilah yang memang perlu kita tanggulangi agar tidak lagi banyak kasus yang seperti itu. Dan kali ini adalah ungkapan yang dikatakan oleh seorang pakar teknologi tentang kapan anak diperbolehkan dalam penggunaan teknologi, Jika berbicara soal teknologi, tentunya Bill Gates paling tahu apa yang baik dan yang tidak.Bos komputer kelas dunia ini memiliki tiga orang anak yang beranjak remaja.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia teknologi, pastinya dia tahu kapan usia terbaik memberikan gadget pada anak.Dalam sebuah wawancara yang dimuat di Tenplay, Bill Gates menegaskan bahwa anak seharusnya TIDAK dibolehkan memiliki ponsel pintar atau gadget sebelum usianya 14 tahun. Pakar parenting dan ahli teknologi mengamini ucapan Bill Gates. Karena penelitian juga telah membuktikan bahwa membiarkan anak menyentuh teknologi terlalu dini bisa berdampak buruk pada anak. Bill mengaku, bahwa dia dan istrinya Melinda menetapkan aturan ketat terkait memberikan gadget pada anak-anaknya. Meskipun anak mereka memprotes aturan tersebut, namun Bill tetap tegas.

“Kami tidak membolehkan ada yang memegang ponsel pada saat makan. Kami juga tidak memberikan anak kami ponsel sebelum usianya 14 tahun, dan mereka mengeluh bahwa teman-teman merek sudah memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun,” ungkap ayah tiga anak ini.

Berikut ini adalah sederet aturan terkait penggunaan teknologi, yang diterapkan Bill Gates dan sang istri pada anak-anak mereka.

  • Melarang anak mereka memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun
  • Membatasi screen time, sehingga mereka punya waktu lebih banyak untuk dihabiskan bersama keluarga
  • Tidak dibolehkan membawa ponsel pada saat makan
  • Menentukan jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain

Dari penjelasan yang diutarakan oleh Bill Gates tersebut, diharapkan orang tua mampu mengontrol anak-anaknya dalam masalah penggunaan teknologi.

Ditulis oleh: Lukman (MAHASISWA STEI SEBI)

Comments

comments