Hasil Undian Putaran Final Piala Dunia

Sebanyak 32 tim berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia 2018 mendatang. FIFA telah melakukan pengundian grup di Istana Kremlin, Rusia, jumat (1/12).

Piala Dunia sudah bergulir semenjak tahun 1930, dan Piala Dunia 2018 merupakan edisi Piala Dunia ke-21. Dan yang menjadi juara bertahan adalah jerman setelah mengalahkan Argentina melalui gol Mario Gotse pada perpanjangan waktu.

Proses Pengundian dipandu oleh legenda sepak bola Inggris, Garry Lineker dan Jurnalis olahraga, Maria Komandnaya. Tidak hanya mereka legenda-legenda sepak bola pun ikut membantu dalam proses pengundian. Ada Laurent Blanc, Diego Maradona, Gordon Banks, Cafu, Fabio Cannavaro, Diego Forlan, Carles Puyol, dan Nikita Simonyan. Dan tidak ketinggalan terpampang jelas trofi piala dunia yang dibawa oleh legenda timnas Jerman, Miroslav Klose sebagai negara juara bertahan.

Acara dibuka langsung oleh tuan rumah Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan menyampaikan agar sepak bola menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam sambutannya. Dilanjut sambutan dari Presiden FIFA, Gianni Infantino yang menyampaikan keindahan 11 kota yang ada di Rusia.

Dalam pengundian kali ini menggunakan prosedur yang berbeda dari sebelumnya. Dimana pot pertama disisi oleh tuan rumah Rusia dan tujuh penghuni peringkat FIFA tertinggi. Sebelumnya, FIFA yang menentukan pot satu, sementara tiga pot lainnya ditentukan berdasarkan geografis peserta. (Awaludin Saragih)

Berikut hasil pembagian babak penyisihan grup Piala Dunia 2018

GRUP A
1. Rusia
2. Arab Saudi
3. Mesir
4. Uruguay

GRUP B
1. Portugal
2. Spanyol
3. Maroko
4. Iran

GRUP C
1. Perancis
2. Australia
3. Peru
4. Denmark

GRUP D
1. Argentina
2. Islandia
3. Kroasia
4. Nigeria

GRUP E
1. Brasil
2. Swiss
3. Kosta Rika
4. Serbia

GRUP F
1. Jerman
2. Meksiko
3. Swedia
4. Korea Selatan

GRUP G
1. Belgia
2. Panama
3. Tunisia
4. Inggris

GRUP H
1. Polandia
2. Senegal
3. Kolombia
4. Jepang

Comments

comments