Disdagin Lakukan Berbagai Upaya untuk Antisipasi Kenaikan Harga

Untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok yang sering meningkat pada saat Natal dan Tahun Baru, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok akan terus melakukan berbagai upaya. Upaya yang dilakukan di antaranya menggelar kegiatan pasar sembako murah, melakukan monitoring harga, hingga melakukan sidak ke pasar-pasar rakyat di Kota Depok.

“Salah satu upaya kita untuk mengantisipasi kenaikan harga adalah dengan menggelar pasar murah. Pasar murah sudah kita gelar di 11 lokasi beberapa hari yang lalu,” tutur Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana , Jumat (15/12/17).

Ia menambahkan, selain menggelar pasar murah, Disdagin juga akan secara rutin melakukan sidak ke beberapa pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana perubahan harga menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Apabila terjadi kenaikan harga yang signifikan kita bisa melakukan langkah antisipasi, seperti menggelar operasi pasar murah untuk mengantisipasi terjadinya inflasi,” ujarnya.

Dikatakannya, sampai saat ini kenaikan harga sembako belum begitu signifikan. Untuk harga beras kualitas medium masih stabil yaitu Rp 9.374 per kg dan beras kualitas premium juga sama yaitu Rp 11.294. Sementara bahan kebutuhan pokok yang lain seperti daging sapi murni Rp 112.857 per kg, daging ayam broiler Rp 36.200, telur ayam broiler Rp 21.914, minyak goreng curah Rp 11.471 per liter dan gas 3 kg Rp 21.000.

“Kalau ada kenaikan pun masih berkisar antara Rp 1.000 – 2.000,” tandasnya.

Comments

comments