Depok Rancang Perda Ramah Lansia

Ilustrasi. (Istimewa)

DEPOK – Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok) dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada penduduk lanjut usia, Pemkot Depok saat ini sedang merancang pembuatan peraturan daerah (perda) sebagai landasan dalam mewujudkan kota ramah lansia (age-friendly cities).

Demikian ditegaskan Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, Jumat (8/12), yang mengatakan dirinya ingin Depok menjadi tempat yang nyaman bagi para lansia, sehingga mereka dapat hidup mandiri, berdaya, tangguh, produktif, beraktivitas dan hidup layak.

Elly juga menjelaskan, predikat kota ramah lansia sedikitnya mencakup delapan aspek, yakni penyediaan fasilitas kesehatan, sosial, lingkungan, komunikasi dan informasi, infrastruktur, transportasi, hukum, dan hak asasi manusia, serta sifat gabungan dari berbagai dimensi tersebut. Ia berharap, semua aspek tersebut dapat terpenuhi di Kota Depok.

BACA JUGA:  Demi Kemajuan Indonesia Harus Lakukan Revolusi Pendidikan 4.0

“Kota Depok sedang menuju ke arah sana, untuk itu butuh dukungan seluruh pihak agar program ini dapat sukses,” harapnya.

Elly memberikan lima kiat agar usia senja menjadi berkah, yaitu tetap aktif melakukan hal yang disukai, mau mencoba sesuatu yang baru agar tetap berdaya, ikut menjaga kehidupan sosial dengan tidak mengurung diri di rumah, rajin berolah raga, tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, serta tetap sehat dan ceria.

“Banyak hal yang dapat dilakukan meskipun sudah memasuki masa lansia, semua itu menjadi nilai positif untuk diri sendiri maupun orang lain,” jelasnya. (Layla Sabrina)

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kirim 30 Ton Paket Superqurban dan 15 Truk Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Comments

comments