Timnas Indonesia Takluk Atas Tamunya Suriah

Selebrasi Septian David Maulana setelah mencetak gol. (Foto: Tribunnews)

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kekalahannya atas tamunya, Suriah U-23 dengan skor 2-3 di Wibawa Mukhti, Cikarang, Kamis (16/11).

Permainan dikuasai oleh Suriah U23, alhasil Timnas Indonesia kebobolan oleh pemain Suriah, Moumen Naji pada menit ke-31. Indonesia langsung melupakan gol pertama dengan membalasnya melalui tendangan voli keras Septian David Maulana.

Pertandingan berlangsung sengit sehingga memaksa Bagas Adi Nugroho menekel pemain Suriah di depan kotak penalti. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Moumen Naji yang berhasil melesakan gol keduanya. Keunggulan Suriah tidak lama setelah disamakan melalui kerja sama yang baik dari Febry Haryadi dan Osvaldo Hay.

Babak pertama selesai dengan sama kuat 2-2.

Setelah jeda minum Suriah langsung bermain menyerang dan langsung berbuah gol dari umpan silang yang dimanfaatkan oleh Al Rahman melalui sundulan pada menit ke-53. Keunggulan untuk tamu 2-3 sementara.

Luis Milla mencoba merubah taktiknya dengan memasukan Saddil Ramdani menggantikan Febri, dan sementara Muhammad Arvan mendapat debutnya setelah menggantikan Evan Dimas. Indonesia berusaha keluar dari tekanan suria hingga pertengahan babak kedua.

Sahutan penonton riuh setelah Egy Maulana Vikri dimasukan menggantikan Septian David Maulana. Namun sampai akhir babak kedua Egy tidak banyak berkontribusi dengan keadaan lapangan juga yang licin.

Timnas U-23 sebelumnya juga menelan kekalahan atas Suriah pada tahun 2006 dalam ajang Asian Games 1-4. Bahkan Timnas seniornya pun baru sekali merasakan kemenangan atas Suriah pada tahun 1978 dalam Turnamen Merdeka. (Awaludin Saragih)

Pertemuan Indonesia dan Suriah

13 Juli 1978 : Indonesia 1-0 Suriah (Turnamen Merdeka)
16 Agustus 1984 : Indonesia 1-2 Suriah (Persahabatan)
21 November 2006 : Suriah 4-1 Indonesia (Asian Games 2006)
9 november 2007 : Indonesia 1-4 Suriah (Kulifikasi Piala Dunia)
18 November 2007 : Suriah 7-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)
15 November 2014 : Indonesia 0-2 Suriah (Persahabatan)

Comments

comments