Sinergi Nyata; Spirit Pengurus IKA FBS UNJ Periode 2017-2021

Sinergi Nyata, itulah spirit pengurus IKA FBS UNJ (Ikatan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni) Universtas Negeri Jakarta. Hal ini ditegaskan dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-2 IKA FBS UNJ pada Selasa, 21 Nov 2017 di Gd. Dewi Sartika Kampus UNJ Rawamangun. Selain ajang pertanggungjawaban pengurus lama, momentum ini juga digunakan untuk memilih pengurus IKA FBS UNJ periode 2017-2021.

Dalam acara yang dibuka Samsi Setiadi, M.Pd (Wakil Dekan III FBVS UNJ) dan dihadiri 35 alumni yang berasal dari IKA Program Studi di lingkungan FBS (Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Bhs. Perancis, Bhs. Jerman, Bhs. Arab, Bhs. Jepang, Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, dan Magister Bhs. Inggris) secara aklamasi peserta berhasil memilih Pengurus IKA FBS UNJ Periode 2017-2021 yang terdiri dari:

– Ketua: Khatibul Umam Wiranu (Bahasa Arab-90)
– Wakil Ketua: Syarifudin Yunus (Bhs. Indonesia-89)
– Sekjen: Hanri Basel (Bhs. Inggris-92)
– Wakil Sekjen: Riza Indrawan (Bhs. Arab-2010)
– Bendahara: Imas Eva (Bhs. Indonesia-87)
– Wakil Bendahara: Hamidah (Sastra Indonesia-2011)

Ditambah Ketua-Sekretaris-Bendahara dari IKA PRODI se-FBS sebagai Presidium Pengurus IKA FBS.

Terpilihnya Khatibul Umam Wiranu, Anggota DPR RI Komisi VIII ini merupakan untuk kali kedua dan di bawah kepemimpinannya diharapkan dapat meningkatkan sinergitas almamater FBS UNJ dengan para alumninya.

“Satu periode ke depan, IKA FBS UNJ harus lebih fokus dalam memberi nilai tambah kepada para alumninya. Harus ada kegiatan yang mampu mendatangkan alumni, untuk silaturahim sekaligus bersinergi. Dengan asumsi ada 25.000 alumni FBS UNJ, ada banyak hal positif yang bisa dibangun bersama. Karena itu, pengurus yang masih muda-muda diharapkan dapat berkiprah lebih semangat dan penuh akselerasi” ujar Khatibul Umam di sela acara Mubes.

Untuk itu, IKA FBS UNJ pun mengajak para alumni FBS UNJ atau FPBS IKIP Jakarta, di mana pun berada, untuk ikut berpartisipasi dalam memberi masukan dan program nyata demi almamater. Memang tidak mudah mengurus organisasi alumni. Namun jika ada iktikad baik dan komitmen, apapun hal yang positif dapat direalisasikan.

Beberapa langkah “Sinergi Nyata” yang akan dilakukan Pengurus IKA FBSUNJ periode 2017-2021 antara lain: 1) mengoptimalkan lembaga Yayasan IKA FBS UNJ sebagai wadah untuk pengembangan akademis, minat, dan profesi, 2) menggelar acara tahunan berupa Festival Bahasa-Seni-Budaya (BASEBU) sebagai ajang kreativitas akademis keluarga besar FBS UNJ, dan 3) sinergi antara Dekanat FBS UNJ dengan IKA FBS UNJ dalam berbagai momentum sinergi.

“Kami di FBS UNJ sangat membutuhkan sinergi nyata dengan IKA FBS UNJ sebagai alumninya. Karena itu, saya mengajak semua elemen FBS UNJ untuk peduli dan wujudkan sinergi di antara kita” kata Samsi Setiadi, Wakil Dekan III FBS UNJ.

Sebagai pelajaran berdemokrasi ala alumni kampus, Mubes IKA FBS UNJ ini tergolong unik. Karena dapat diselesaikan dalam durasi 2 jam; mulai dari laporan pertanggungjawaban hingga memilih pengurus baru. Ada interupsi, ada tanya jawab. Tapi spiritnya untuk sinergi yang lebih baik, lebih positif.

IKA FBS UNJ, memandang keberadaan alumni sangat penting. Dan karenanya, semangat untuk bersinergi harus terus ditumbuhkan ke depannya.

Comments

comments