Penuh Drama dan Kontroversi, Laga Persija Vs Persib Dihentikan di Menit 83

Pemain Persija merayakan gol yang dicetak Brono Lopes dari titik putih. (Foto: Twitter @persija_jkt)

SOLO – Laga panas yang penuh drama dan kontroversi terjadi dalam lanjutan pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/11/2017).

Pertandingan bahkan harus disudahi pada menit ke-83, setelah pemain Persib melakukan mogok main sebagai bentuk protes dari keputusan wasit Shaun Evans. Dengan begitu, Persija yang tengah memimpin dengan skor 1-0 dinyatakan memenangkan pertandingan.

Sejak awal laga sudah terlihat tensi tinggi dan keras, pada menit kedelapan, Persib harus kehilangan gelandang Kim Jeffrey Kurniawan yang cedera. Kim mendapat pelanggaran yang dilakukan oleh Rido Widodo, yang kemudian mendapat kartu kuning.

Setelah mendapat penanganan medis, Kim dinyatakan tak dapat melanjutkan laga. Dia pun diganti oleh Dedi Kusnandar.

Kontroversi terjadi ketika laga memasuki menit ke-27. Bola yang diumpan Maitimo ke tengah kotak penalti langsung disambut tandukan keras Ezequiel dari jarak dekat. Bola terlihat telah menyentuh jaring atas dalam gawang Persija namun gol tersebut tidak dinyatakan sah oleh wasit.

Para pemain Maung Bandung, julukan Persib, sempat memprotes keputusan kontroversial wasit asing, Evan Shaun asal Australia. Namun, hal itu tak mengubah keputusan wasit dan laga pun kembali dilanjutkan.

Satu-satunya gol yang tercipta terjadi pada menit ke-77 setelah wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran Purwaka Yudhi terhadap Bruno Lopes.

Bruno yang maju menjadi algojo pun sukses menjalankan tugasnya. Ia berhasil mengecoh Natshir yang menjatuhkan diri ke kiri sementara bola di arahkan ke kanan gawang.

Pada menit ke-83, drama kembali terjadi. Peristiwa itu bermula dari kartu kuning yang diberikan wasit kepada Vladimir Vujovic karena melanggar Bruno Lopes.

Wasit kemudian memberikan kartu kuning, tetapi Vujovic terlihat mengeluarkan kata-kata tak pantas kepada wasit. Alhasil, wasit kembali mengeluarkan kartu kuning kedua alias kartu merah.

Hal tersebutlah yak akhirnya membuat pemain Persib akhirnya memutuskan untuk mogok main sebagai sikap protes terhadap keputusan wasit tersebut. Tak lama, wasit meniup peluit panjangnya sehingga pertandingan dianggap selesai pada menit ke-83 dengan skor akhir 1-0 untuk Persija.

Dengan tambahan tiga angka ini, Persjia kini naik ke posisi kelima klasemen sementara dengan koleksi 58 angka. Sementara, Persib tertahan di urutan ke-11 dengan torehan 41 poin. (San)

Susunan pemain:

Persija (4-3-3):

26-Andritany Ardhiyasa; 14-Ismed Sofyan, 33-Willian Pacheco, 6-Maman Abdurahman, 28-Rezaldi Hehanusa; 29-Sandi Sute, 32-Rohit Chand, 7-Ramdani Lestaluhu; 20-Bambang Pamungkas, 10-Rudi Widodo, 50-Bruno Lopes

Pelatih: Stefano Cugurra (Brasil)

Persib (4-4-1-1):

1-Muhammad Natshir; 22-Supardi, 16-Achmad Jufriyanto, 3-Vladimir Vujovic, 6-Tony Sucipto; 24-Hariono, 23-Kim Kurniawan, 5-Michael Essien, 13-Febri Hariyadi; 10-Raphael Maitimo; 70-Ezechiel N Douassel

Pelatih: Emral Abus

Wasit: Evan Shaun (Australia)

Comments

comments