Menyentuh Hati Lewat Tulisan

Ilustrasi. (Istimewa)

Sederhana, bahkan dengan cara yang teramat sangat sederhana. Tapi mampu mengubah kehidupan sang pembaca. Ya, siapa yang tahu bahwa goresan tinta sederhana bisa mengubah kehidupan seseorang. Siapa yang menyangka bahwa dengan sebuah tulisan mampu membuka pintu hati seseorang. Kita tidak pernah tahu, kan?

Tulisan yang mana yang akan menyentuh hati seseorang, kata-kata mana yang mampu mengetuk pintu hati seseorang. Mungkin kita pernah kagum dengan sebuah tulisan. Jangan khawatir jika kita tidak mampu berakwah secara langsung, tapi di jaman yang serba modern ini kita bisa memanfaatkan ke-moderannya untuk hal-hal positif. Jangan cemas jika public speaker kita masih belum bagus, jangan bingung jika kita masih malu berbicara di depan banyak orang. Kita bisa berdakwah melalui sebuah tulisan. Dalam tulisan dengan rangkaian kata-kata yang tersusun serta tepat, tentu mampu menjadi penjembatan dakwah kita. Karena kita bisa menuangkan dan menuliskannya sesepengetahuan kita. Tak perlu takut terlihat gugup apalagi sampai lupa mau berbicara apa, karena kita hanya menuliskannya.

Ya, sederhana tapi memiliki banyak manfaat. Bukankah dengan tulisan-tulisan kita yang berisikan dakwah akan menjadi amal jariyah juga bagi kita? Karena dengan semakin banyaknya orang yang membaca tulisan kita, bahkan sampai mengerjakan setiap kebaikan yang kita beritahu melalui tulisan, tentu akan mendatangkan pahala yang mengalir terus-menerus untuk kita.

Mulai sekarang, marilah kita goreskan tinta-tinta kebaikan itu. Karena perbuatan tersebut termasuk pahala jariyah. Dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan tidak bertentangan dengan syariat tentu akan mendatangkan pahala bagi kita si penulisnya. Begitupun sebaliknya, jika yang kita tulis dan kita sebarkan adalah sesuatu yang tidak bermanfaat bahkan melanggar hukum syara’ tentu ini akan mendatangkan kerugian karena dosa kita akan bertambah terus-menerus selama tulisan tersebut dibaca orang lain.

Berbicara tentang dakwah, pasti berbicara tentang kebaikan. Di zaman yang sudah serba modern seperti zaman sekarang ini, tentu banyak cara yang bisa kia lakukan untuk berdakwah. Sudah pasti sudah banyak media-media yang kita miliki terutama media sosial. Namun, tahukah anda bahwa dengan bermodalkan media sosial kita bisa berdakwah pula. Caranya tentu dengan mempublikasikan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Jadi mulailah sekarang berbuat kebaikan dan mencari pahala sebanyak-banyaknya melalui media-media yang kita miliki.

Ditulis oleh: Jamilah, STEI SEBI Depok.

Comments

comments