Mengapa Harus Ada Perbedaan?

(Istimewa)

Perbedaan merupakan sifat, keadaan dan karakter yang diciptakan Allah dengan tujuan agar manusia saling mengenal, saling memahami, berinteraksi dan saling memberi manfaat satu sama lain. Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain dan sekitarnya.

Perbedaan itu tergantung cara pandang kita. Jika kita memandangnya sebagai anugrah dari Allah SWT maka perbedaan itu akan terasa sangat indah mewarnai hidup kita. Namun, jika kita memandangnya sebagai ancaman maka perbedaan itu akan menjadi sebuah masalah yang sangat sulit untuk diselesaikan. Sebagai seorang muslim, kita di ajarkan untuk selalu memiliki pandangan yang baik terhadap apapun sehingga kita harus memandang perbedaan itu sebagai sebuah anugrah jangan sampai kita memandangnya sebagai sebuah masalah.

Setiap orang akan sukses dengan caranya masing-masing karena Allah menciptakan kita dengan potensi yang berbeda-beda, walaupun kita berbeda tapi itu tidak akan menjadi pemicu perpecahan. Akan tetapi perbedaan inilah yang membuat dunia ini menjadi lebih indah. Dengan perbedaan ini kita saling melengkapi puzzle-puzzle yang kosong dalam diri kita, bisa jadi kelebihan kita merupakan kekurangan orang lain begitupun sebaliknya.

Perbedaan kebiasaan, perbedaan bahasa, perbedaan prinsip, perbedaan bentuk wajah terkadang membuat kita merasa tidak nyaman dan merasa tidak percaya diri. Sadar atau tidak, ketidaknyamanan itu memaksa kita untuk berkembang dan memiliki pemikiran yang lebih luas. Mengajarkan kita untuk lebih mengenal satu sama lain dan mensyukuri apa yang ada di dalam diri kita.

Ketika dihadapkan dengan orang-orang yang mempunyai potensi yang segudang atau intelektualitas yang menembus langit dan merasa bahwa diri kita hanyalah sebuah makhluk yang kecil yang tak ada gunanya di dunia ini padahal Allah menciptakan sesuatu itu tidak ada yang sia-sia.

Allah SWT berfirman : “Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan sia-sia begitu saja?“ (Al Qiyamah:36)

Begitupun dengan kita, Allah pasti mempunyai alasan tersendiri kenapa kita diciptakan berbeda-beda. Kita semua sama dihadapan Allah SWT yang membedakan hanyalah tingkat ketaqwaannya. Jangan bersedih karena kekuranganmu. Kenali dirimu, gali potensimu, jadikanlah kekuranganmu sebagai semangat untuk melakukan hal yang menakjubkan dan buatlah orang-orang yang berharga dalam hidupmu menangis terharu atas kesuksesanmu dan tersenyum bahagia melihat pencapaianmu.

Selintas hati ini sering membandingkan diri kita dengan orang lain. Tapi coba kita perhatikan, jangankan membandingkan dengan orang lain yang jelas-jelas mereka bukan keluarga kita. Bandingkanlah dengan adik atau kakak kita yang sama-sama di lahirkan dari rahim yang sama. Apakah kita mempunyai wajah yang sama ? Apakah kita memiliki pola berpikir yang sama ? tentunya kita pasti menemukan perbedaan. Penciptaan manusia dengan segala perbedaan nya adalah salah satu dari sekian banyak kekuasaan Allah SWT.

Allah SWT berfirman: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.” (QS.Ar-Rum:22)

Bukankah Allah telah memberikan semuanya kepadamu, Allah memberikan semua itu tidak cuma-cuma. Dibalik semua itu ada alasan dan amanah yang Allah selipkan, dimana kita harus mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam diri kita sebagai bentuk rasa syukur kita. Ketika kita bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmatnya, ketika kita kufur maka Allah murka.

Tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan karena Allah telah memberikan semuanya kepada kita. Tidak ada lagi alasan untuk berputus asa karena Allah pasti menolong kita disetiap kesulitan. Tidak ada lagi alasan untuk takut gagal karena kita yakin kemenangan ada ditangan kita.

Ingatlah ketika Allah menciptakan kita berbeda-beda. Itu artinya Allah yakin bahwa kita mampu hidup didalamnya. Allah tahu bahwa itu yang terbaik untuk kita. Hiduplah seperti apa yang Allah mau jangan apa yang kamu mau. Allah maha tahu kedepannya seperti apa.

Allah ada di setiap hembusan nafas kita, disetiap detak nadi kita, di setiap aliran darah kita, di setiap kejapan mata kita. Yakinlah Allah sangat mengenal kita, Allah begitu dekat dengan kita, pertolongan Allah begitu nyata bagi hamba-Nya.

Comments

comments