Melestarikan Budaya Lewat Festival Tari di Depok

Peserta lomba sedang latihan sebelum naik ke atas panggung. (Foto: Estri/DepokPos)

DEPOK – Lomba tari tradisional ini diadakan oleh delapan EO dan mahasiswa/mahasiswi Bina Sarana Informatika (BSI) Margonda Depok. Slogan Festival Tari Tradisonal ini “Ayo Gerakan Badanmu, Lestarikan Budayamu”. Festival yang diadakan di D’Mall Depok, Minggu (12/11/2017) ini menyuguhkan kemeriahan diantara peserta lomba dan pengunjung yang berlalu-lalang di area D’Mall.

Antusias yang ditunjukkan oleh peserta menarik perhatian penonton. Festival ini kebanyakan anak-anak yang mengikuti lomba tari tradisional. Dan ini juga kegiatan positif untuk mereka karena dapat menyalurkan bakat mereka dilomba-lomba seperti ini.

BACA JUGA:  Bangunan Liar Jadi Pemandangan Tak Sedap di Jalur Hijau RJB

Tujuan terselenggaranya festival ini karena minat anak-anak sekarang berkurang terhadap tari-tarian tradisional. “Tujuannya yang pertama ya kita mempertahankan kebudayaan. Sementara anak-anak sekarang lebih cenderung bermain gadget ‘nah kita mau mempertahankan kebudayaan kita sendiri dan supaya anak-anak menyukai tari-tarian tradisonal dan segala sesuatunya itu,” ujar Yohana Melinda selaku ketua panitia Festival Tari Tradisional kepada DepokPos.

“Itu tadi balik lagi karena menari anak-anak pasti suka menari daripada kita cenderung mengikuti budaya luar seperti Kpop bukan sih kita menutupi ini atau bukan menutup diri juga tapi kita lebih mencintai, kembali lagi mencintai kebudayaan kita sendiri. Jadi, untuk mempertahankan kebudayaan kita anak-anak tidak meninggalkan tarian tradisional walaupun ada tarian dari Kpop atau breakdance dan segala macamnya itu,” ungkap Yohana.

BACA JUGA:  Ayyas Kecil Menempuh Ratusan Kilometer Untuk Mengungsi

Panitia penyelenggara acara ini membagi dua kategori yaitu kategori anak yang berusia 6-12 tahun dan kategori remaja yang berusia 13-18 tahun. Jumlah peserta yang mengikuti Festival Tari Tradisional 2017 ini 150 peserta dengan uraian 30 grup yang beranggotakan satu grup terdiri dari 2-5 orang.

Peserta lomba tari tradisional mendengarkan juri untuk mengomentari performance mereka. (Foto: Estri/DepokPos)

Ada peserta yang dari luar Depok yang mengikuti Festival Tari Tradisional. “Ada yang dari Bekasi, Bogor, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Peserta yang paling jauh dari Tambun, Bekasi,” imbuhnya.

Panitia sendiri menyiapkan hadiah untuk kedua kategori . Untuk kategori anak-anak, juara 1 mendapatkan 1 juta rupiah, juara 2 mendapatkan 750 ribu rupiah dan juara 3 mendapatkan 500 ribu rupiah. Untuk kategori remaja hadiah yang didapatkan sama dan semua kategori mendapat sertifikat keikutsertaan. (Estri Setiyorini)

BACA JUGA:  Diskusi Ringan Kepala Bappeda dan Sekber Wartawan Depok, Dari Sampah Hingga Smart City

Komentar

komentar