Kota Depok Kembali Raih Penghargaan Kota Sehat

DEPOK – Kementerian Kesehatan memberikan anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba atas keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok atas keberhasilannya dalam menyelenggarakan Kota Sehat, Selasa (28/11/2017) bertempat di Jakarta. Untuk tahun ini, Pemkot Depok berhasil meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda, naik peringkat dari tahun sebelumnya.

Kota Sehat merupakan suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman dan aman serta sehat untuk dihuni penduduknya. Ada beberapa tatanan yang menjadi sasaran dari Kota Sehat. Di Kota Depok sendiri ada beberapa tatanan Kota Sehat diantaranya terkait pemukiman, sarana dan prasarana sehat, salah satu pasar di Kota Depok yakni Pasar Sukatani sudah memiliki sertifikat SNI dan raihan SD IT Al Haraki yang mendapatkan penghargaan sekolah sehat tingkat nasional tahun 2016. Kehidupan masyarakatnya sehat dan mandiri dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa posyandu yang sudah terintegrasi terdiri dari posyandu balita dan posbindu, senam lansia, pemanfaatan lahan kosong dengan penanaman sayur, buah serta TOGA dan juga pembibitan ikan lele.

BACA JUGA:  Semangat Hari Gizi Nasional 2018 di Sekolah Avicenna

Terkait ketahanan pangan dan gizi, juga terdapat koperasi yang menjadi salah satu akses sebagai ketahanan pangan masyarakat Kota Depok, dimana koperasi tersebut dikelola oleh masyarakat dan anggota TNI. Selain itu, Kota Depok juga terdapat Wisna Tuna Ganda Palsigunung Cimanggis yang merupakan wisma berkebutuhan khusus yang telah didirikan sejak tahun 1975, sebagai salah satu bukti kehidupan sosial yang sehat. Dan juga telah terdapat 11 Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan 63 Pokja Kelurahan Sehat.

“Alhamdulilah, Depok kembali meraih penghargaan Kota Sehat. Kita Bersyukur pada tahun 2017 ini, Depok naik peringkat. Keberhasilan Kota Depok meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder yang telah bekerja dengan maksimal. Hal ini sejalan dengan salah satu program unggulan Depok yaitu Smart Healty City. Kami berterima kasih atas kerjasama semua,” kata Bunda Elly Farida yang juga merupakan Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS).

BACA JUGA:  Rumah Zakat Depok Optimalisasi Posyandu di Kelurahan Mampang

Adapun Penghargaan Swasti Saba diklasifikasikan menjadi tiga tingkatan yakni Padapa (Pemantapan) minimal 3 tatanan, Wiwerda (Pembinaan) 3-4 tatanan, dan Wistara (Pengembangan). Sebelumnya pada tahun 2015 , Kota Depok meraih Swasti Saba Padapa. Tahun ini meningkat menjadi Swasti Saba Wiwerda. Kedepan, Pemerintah Kota Depok bersama Forum Kota Depok Sehat dan berbagai elemen masyarakat, bertekad meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. “Semoga cita-cita ini di kabulkan oleh Allah SWT,” ujar Bunda Elly.

Comments

comments