Kenali Kesehatan Tubuh Anda Lewat Warna Kuku

kuku sehat
Ilustrasi. (Istimewa)

Kuku adalah bagian tubuh manusia, yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Bagian tubuh yang kecil ini mempunyai beberapa fungsi yaitu, sebagai pelindung dari ujung jari, member sensitifitas daya sentuh. Kuku juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Namun, taukah anda bahwa kuku dapat menjadi indikator kesehatan tubuh? Meski berukuan kecil, kuku ternyata bisa menjadi pintu masuk menuju tersingkapnya gangguan kesehatan seseorang.

Dilansir laman liputan6.com, tiap warna terkait dengan gangguan penyakit yang berbeda. Warna kuku yang pucat, menandakan seseorang mengalami kekurangan darah (anemia). Selain itu, kuku berwarna pucat juga kemungkinan menandakan seseorang menderita gangguan ginjal.

Kuku berwarna kuning, menunjukkan adanya gangguan pada liver ataupun diabetes. Warna kuning pada kuku, bisa juga akibat dari kondisi gangguan pernapasan, seperti bronchitis kronis. Jika kuku anda berwarna hitam, maka akan mengindikasikan seseorang terinfeksi bakteri, menderita penyakit ginjal kronis, kanker dan penyakit hati.

Selain itu, jika kuku berwarna hijau bisa disebabkan karena alergi bahan pembersih, atau infeksi jamur dan bakteri seperti Bacillus. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, stroke, keracunan karbon monoksida, kuku anda akan berubah menjadi berwarna merah.

Kuku sehat ditandai dari ciri – ciri kuku yang kuat dan kaku, ujung kuku berwarna putih atau putih tulang, dan tidak cepat patah. Jika kuku anda memiliki ciri – ciri ini, berarti tubuh anda sehat. (Dwinta Imani)

Comments

comments