Keep Smile! Ini 5 Manfaat Kesehatan Dibalik Senyum

Ilustrasi. (Istimewa)

Senyum adalah suatu ekspresi manusia yang menggambarkan perasaan seseorang kepada orang lain. Seyuman itu sendiri sangat mudah sekali untuk dipraktekkan di kehidupan sehari hari. Senyum juga merupakan salah satu cara mengurangi tingkat stress manusia. Dan juga senyuman dapat menambah teman di lingkungan kita.

Ternyata dibalik seyuman itu sendiri memiliki banyak manfaatnya dari tersenyum bagi kesehatan seseorang. Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum, seperti dikutip dari About, Jumat (2/12/2011) yaitu:

  • Senyum membuat seseorang lebih menarik
    Pasti seseorang banyak yang tidak menyadari bahwa tersenyum itu dapat membuat seseorang lebih menarik. Karena dibalik senyuman itu ada factor daya Tarik seseorang kepada orang lain, sehingga orang yang tersenyum menjadi lebih menarik dibandingkan dengan orang yang biasa aja.
  • Senyum bisa mengubah suasana hati
    Senyuman bisa merubah suasana hati seseorang yang awalnya hatinya terasa sakit/panas karena ada suatu masalah. Dan jika kita tersenyum kepada orang yang lagi ada masalah tersebut kemungkinan suasana hati orang tersebut akan mengalami suatu perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Senyum bisa meredakan stress
    Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
  • Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.
  • Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses
    Tersenyum dapat juga membuat seseorang terlihat sukses. Karena ketika seseorang tersenyum dia akan lebih percaya diri dengan kemampuannya sehingga lebih di promosikan, selain itu memasang senyuman di waktu rapat membuat suasana rapat itu sendiri menjadi berbeda.
BACA JUGA:  Buah Naga Merah Ternyata Bisa Bikin Cantik, Ini Caranya!

Dan masih banyak lagi manfaat yang ada dibalik senyuman kita. Demikian beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari sebuah senyuman. Bahkan di dalam islam itu sendiri senyuman merupakan suatu ibadah juga dan mendapatkan pahala bagi seseorang yang melakukannya.  Ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah,” (HR. At Tirmidzi).

Selain itu, kita juga harus memperhatikan dalam memberikan senyuman terhadap orang lain adalah harus mengetahui situasi dan keadaan, kapan kita harus tersenyum dan dimana kita tersenyum. Karena dengan senyuman juga dapat membuat marah seseorang walaupun ada orang yang tipenya jika diberikan senyuman membuat hatinya berubah, tetapi ada tipe orang juga yang jika diberi senyuman menjadi marah/tersinggung. Maka dari itu, kita harus benar-benar memperhatikan dalam memberikan senyuman kita kepada orang lain.

BACA JUGA:  Ingin Tampil Cantik Dengan Budget Murah? Jahe Bisa Jadi Solusi

Karena pada dasarnya seyuman terbaik adalah seyuman yang terlahir dari hati yang tulus yang mengerti kapan waktu, situasi, dan kondisi serta tempat yang memungkinkan untuk tersenyum. (Musa al Ikhbat )

Komentar

komentar