Jangan Sepelekan Bau Sepatu, Ini Cara Menghilangkannya

Ilustrasi. (Istimewa)

Kebersihan dapat memberikan kenyamanan, dan juga merupakan dambaan semua orang jika memiliki tubuh yang bersih. Dan yang terpenting, kebersihan memiliki dampak untuk kesehatan.

Salah satu kebersihan yang akan dibahas kali ini adalah, sepatu. Sepatu ini setidaknya dimiliki oleh semua orang, karena sepatu merupakan alas kaki yang lebih formal ketimbang sandal, seiring berkembangnya zaman, sepatu, sudah mulai banyak macam jenisnya mulai dari sepatu roda, sepatu olahraga, sepatu kets, dan banyak jenis lainnya.

Berkembangnya zaman produksi sepatu, masalah yang timbul juga setimpal yakni rusaknya sepatu, hingga bau pada sepatu. Hal itu disebabkan karena penggunaannya.

Banyak orang yang menyepelekan baunya pada sepatu, jangan mengira mencuci sepatu dapat menghilangkan bau. Bau pada sepatu disebabkan keringat pada kaki.

Apakah kamu temasuk kategori orang yang memiliki sepatu bau yang menyengat? Tidak usah khawatir, kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan bau pada sepatu.

Sepatu yang bau akan berdampak buruk pada orang yang memakai sepatu tersebut. Berikut ini tips cara merawat sepatu supaya baunya tidak menyengat.

Menghilangkan bau sepatu dengan cara dicuci

Mungkin cara ini sudah banyak yang tau, dan cara ini terbilang tradisional dalam menghilangkan bau pada sepatu.

Jangan lupa untuk membuka tali sepatu, sikat seluruh permukaan dalam sepatu menggunakan sikat gigi.

Baking soda

Tidak hanya untuk membuat kue, baking soda memiliki manfaat untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Caranya cukup mudah, taburkan baking soda di dalam sepatu dan diamkan selama satu malam. Dengan catatan kondisi sepatu keadaan kering.

Bubuk kopi dan teh celup

Manfaat kopi dan teh sama persis dengan baking soda, begitu juga dengan caranya.

Letakan kopi yang di alaskan dengan tisu di dalam sepatu, untuk teh cukup letakan saja tidak harus di alaskan tisu diamkan selama satu malam.

Alkohol

Alkohol memiliki senyawa yang dapat membunuh kuman dan bakteri, yang bisa jadi penyebab utama bau pada sepatu.

Untuk cara penggunaannya menggunakan lap yang sudah di semprotkan alkohol lalu oleskan permukaan dalam sepatu, jika tidak dapat dijangkau gunakan cutton bud yang sudah dicelupkan alkohol untuk membersihkan celah-celah sepatu.

Kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu, karena memiliki kandungan minyak esensial yang dapat menguap.

Caranya sama dengan nomer 2 dan 3, cukup letakan kulit jeruk di dalam sepatu selama satu malam, dan sepatu akan kembali wangi.

Demikian 5 cara menghilangkan bau menyengat pada sepatu, jangan hanya memakainya rawat sepatu dengan benar, agar terhindar dari dampak buruk bau menyengat pada sepatu. (Arif Fadilah)

Comments

comments