Empat Manfaat Berendam di Air Es

Ilustrasi.

Berendam di dalam air hangat mungkin sudah sering dilakukan oleh setiap orang. Bahkan, sering kali air hangat digunakan pada saat mandi pagi, untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Namun, tidak hanya berendam air hangat yang dapat member manfaat, berendam di dalam air es juga ternyata dapat membawa pengaruh yang baik bagi tubuh.

Salah satu contoh yang sudah pernah dilakukan, dan terbukti berendam di dalam air es memberi manfaat adalah, TIMNAS U-19 yang sebelum bermain kejuaraan sepak bola maupun setelah bertanding , mereka wajib mandi air es. Kegiatan tersebut dilakukan karena, mandi air es dapat melancarkan peredaran darah dan memulihkan stamina, serta mengobati lelah setelah bertanding. Menurut kutipan yang dilansir dari info herbalis, berikut ini merupakan manfaat dari berendam di dalam air es lainnya:

Membakar Lemak Dalam Tubuh

Ketika air es  menyentuh tubuh maka mekanisme alami tubuh yaitu  dengan cepat merespon agar menyesuaikan pada suhu yang dingin,menghasilkan panas dari dalam tubuh  dengan cara membakar karbohidrat dan lemak dalam tubuh.

Mengatasi Rambut Rontok

Jika kulit kepala terkena air yang dingin, maka kutikula rambut akan menutup, jika sudah menutup, maka kerontokan pada rambut tidak akan terjadi pada saat kita mandi.

Melancarkan Peredaran Darah Dan Membuat Otot Rilex

Pada saat tubuh tersiram air es, maka reaksi pertama adalah rasa kaget pada tubuh, dan ini membuat peradaran darah melambat. Setelah merespon kaget tersebut secara otomatis, tubuh bekerja extra menyesuaikan diri dengan mendorong percepatan aliran darah. Sehingga setelah berendam di dalam air es, badan akan berasa rilex dan hangat, lebih rilex dibanding mandi air hangat .

Memberi Efek Tenang

Setelah bekerja lelah bahkan  ketika terasa  penat dengan segala macam pekerjaan , cobalah untuk mandi air es, karena dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, serta mengatur kadar asam urat dalam tubuh.

Beberapa ulasan diatas merupakan manfaat berendam di dalam air es, yang dapat anda coba dirumah. Namun, berendamnya juga jangan sampai terlalu lama. Selain itu, berendam di dalam air es sebaiknya dilakukan pada pagi atau siang hari saja. (Dwinta Imani)

Comments

comments