Dunia Menuju Ekonomi Syariah

(Istimewa)

Sistem ekonomi syariah sebenarnya telah ada sejak zaman kenabian Nabi Muhamad SAW, namun di kala itu nama sistem ekonomi syariah tidak di kenal masyarakat luas melainkan dengan sebutan ekonomi biasa karena pada zaman kenabian, sahabat dan seterusnya hingga runtuhnya ke khalifahan turki ustmani menganut kental sistem ekonomi yang di wariskan oleh Nabi Muhamad. Seirinng berjalannya waktu hingga abad ke 21 sistem ekonomi syariah mulai bisa di kenal lagi oleh Dunia.

Di zaman sekarang jika ada yang berbicara mengenai sistem ekonomi syariah ada di kawasan benua apa?, sudah pasti banyak masyarakat umum mengatakan sistem ekonomi syariah berpusat di kawasan timur tengah seperti Negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir karena masyarakat umum mengenal betul Negara islam tersebut adalah masyarakat yang umumnya menganut agama islam, tapi seiring berjalan waktu mulai muncul Negara Negara yang minoritas masyarakatnya menganut islam menganut sistem ekonomi syariah.

Kini kita bisa liat Negara yang berkontribusi besar pada kawasan Eropa yaitu Inggris sudah mulai menganut sistem ekonomi syariah sejak tahun 2004 karena kini istilah Islamic Economics mulai banyak di perbincangkan perekonomian global,bukan karena dalam hal materi saja melaikan ekonomi syariah juga mencakup berbagai aspek seperti kesejahteraan masyarakat dan lain lain. bahkan Negara Inggris adalah Negara non muslim pertama yang menganut ekonomi syariah tapi kita bisa liat meskipun isggris bukan salah satu Negara muslim namum sistem ekonomi syariah nya bisa di katakan yang paling maju di bandingkan Negara Negara islam. Selain inggris ada salah satu Negara eropa juga yang sedang mendalami sistem ekonomi syariah, Negara tersebut adalah Negara prancis, pemerintah prancis juga sedang merencanakan sistem ekonomi syariah untuk negaranya khusunya di kota paris karena pemerintah prancis juga ingin mewujudkan kota paris sebagai pusat ekonomi syariah di kawasan eropa. Jika eropa dan Negara Negara teluk sudah mulai menganut ekonomi syariah dan sedang mendalami strategi untuk meningkatkan ekonomi syariah akankah Negara Negara di kawasan amerika melirik sistem ekonomi syariah ini? Akankah sistem ekonomi liberal (kapitalis) akan runtuh dengan sistem ekonomi syariah? Kita tunggu kiprahnya.

Dennis Bimo Prakoso, Mahasiswa STEI SEBI Depok

Comments

comments