Cantik Itu Adalah……

Ilustrasi. (Istimewa)

Cantik adalah idaman begitu setiap wanita. Dewasa ini banyak wanita yang rela merogoh kocek ratusan hingga jutaan rupiah demi sebuah gelar “cantik”. Banyak dari mereka yang tak puas akan bentuk fisiknya, lalu tanpa pikir panjang merubahnya dengan cara-cara instan yang pada akhirnya menimbulkan efek samping yang fatal. Ditambah dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi justru semakin mempermudah akses tersebut.

Namun, tanpa mereka sadari bahwa yang dikerjakannya adalah suatu hal yang keliru. Definisi cantik menurut pemahaman mereka adalah wanita yang berkulit kuning langsat, berhidung mancung, tinggi, serta betuk tubuh yang ideal.

Tapi tahukah ? Islam punya pandangan sendiri mengenai “cantik”. Islam adalah agama yang lekat dengan kecantikan dan keindahan, dimana kecantikan dan keindahan itu berupa kecantikan maknawi, yaitu berupa kecantikan jiwa, akhlak, sifat dan sikap. Sungguh yang memiliki kecantikan sifat dan akhlak lebih baik daripada wanita yang memiliki kecantikan fisik dan rupa semata.

Seperti hadits Rasulullah SAW “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita shalihah”. Dengan demikian, dalam al-Qur’an dan islam cantik tidak hanya dilihat dari fisik dan rupa semata melainkan lebih kepada kecantikan sifat, tabiat, kebaikan hati dan akhlak seorang wanita.

Seorang wanita muslimah didalam dirinya harus tertanam sikap bijaksana dalam menghadapi tantangan dan persoalan, selalu rendah hati, senantiasa bersabar, serta senantiasa menjaga kehormatannya. Artinya, ia senantiasa menutupi aset yang paling berharga, tidak mengumbar bagian-bagian tubuhnya pada lelaki yang bukan merupakan mahramnya.

Dalam konteks kecantikan, islam memaknai wudhu sebagai aktivitas bersuci dan menjadi syarat sah dalam sholat. Wudhu pula menjadi solusi terbaik muslimah untuk mempercantik diri dengan cara yang halal. Tak hanya cantik, wudhu juga baik bagi kesehatan.

Wanita tidak perlu takut tak terlihat cantik,karena setiap wanita itu dilahirkan cantik dan menjadi indah apabila memiliki akhlak yang indah pula. Untuk apa fisik dan rupa yang cantik tetapi hati kita tak cantik, karena kecantikan rupa akan hilang seiring waktu dan usia berlalu. Cantik rupa memang menyejukan mata,tapi apa artinya mata sejuk jika hati biru lebam karenanya.

Ditulis oleh: Dinar rahmayanti (Mahasiswi STEI SEBI)

Comments

comments