Sambangi Ketua Kadin, Sekber Wartawan Depok Diskusikan Geliat UMKM Depok

DEPOK – Dalam balutan suasana santai dan nuansa kekeluargaan, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Depok, Miftah Sunandar, menerima beberapa perwakilan dari Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Depok di kawasan Margonda, Jum’at (3/11/2017).

Berbincang santai sambil menikmati kopi, dengan sesekali diselingi candaan dan tawa, tak lantas membuat obrolan menjadi sekedar pengisi waktu luang. Terbukti dengan bobot diskusi ringan yang menjadi ajang tukar pikiran antara pelaku usaha, dalam hal ini Kadin Depok, dan insan pers yang pada akhirnya bisa menghasilkan rumusan-rumusan untuk terus menggeliatkan perekonomian Kota Depok terutama dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA:  Terminal Jatijajar Diharapkan Mampu Berikan Dampak Pembangunan Kota Depok

Demikian ditegaskan inisiator Sekber Herry Budiman yang mengatakan bahwa diskusi memang dikonsepkan sesantai mungkin tapi tetap tak menghilangkan kualitas diskusi tersebut.

“Santai bukan berarti tak serius atau hanya bercanda saja, kita tetap diskusi serius. hanya dalam suasana yang santai saja,” tegas Herry.

Sementara Ketua Kadin Depok Miftah Sunandar yang pada kesempatan tersebut ditemani Wakil Ketua Bidang Organisasi Sonar Harahap dan Wakil Ketua Bidang Telekomunikasi Ceppy Gunawan, mengatakan bahwa masukan-masukan dan saran-saran untuk berkolaborasi membangun industri dan perekonomian memang sangat diperlukan.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Bukan Didirikan oleh Erick Thohir

“Karena ini (hasilnya) untuk usulan juga ke Pemerintah, biar nantipun ada kritik dan saran juga untuk pemerintah. Nah, mungkin dengan adanya kita sering kongkow begini, kedepannya kita akan intens mengundang perwakilan dari teman-teman (wartawan),” jelas Miftah.

“Jadi di Kadin itu ada 27 bidang, misalnya bidang Pariwisata, pasti teman-teman Kadin yang pengusaha di bidang travel akan meminta saran teman-teman (wartawan) juga untuk kritik membangunnya. Misalnya bagaimana jika Setu Pengasinan kita buatkan untuk destinasi wisata kesana dan disiapkan untuk para pelaku UMKM, nah kita minta saran juga dari teman-teman,” tambah Miftah.

BACA JUGA:  Ijtima Ulama II Siap Digelar Akan Hadirkan Prabowo dan Sandiaga Uno

Kadin sendiri, menurut Miftah, sangat berharap pihaknya bisa berperan aktif memajukan UMKM di Kota Depok. Salahsatunya dengan menginventarisir seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Depok.

“Pertama kita undang seluruh komunitas dan asosiasi UMKM, lalu pendataan dan kemudian pembedahan perizinan usaha. Lalu kita bina bagaimana menjual produk-produk agar menjadi produk unggulan. Dan semuanya kita fasilitasi, termasuk permodalan dari perbankan,” jelasnya. (San)

Comments

comments