Alliance Violin Community Depok Akan Gelar Konser Retorika Nusantara

(Foto: Instagram @avcdepok)

Dalam misi menghilangkan kesenjangan sosial dalam mempelajari alat musik string, khususnya biola, seorang pemain biola bernama Teguh Iwan Kuncoro yang akrab dipanggil sebagai Wando Pirastro membuka kelas belajar biola yang rutin diadakan setiap hari Minggu di stasiun Depok Baru. Pada saat itu, kelompok belajar tersebut bernama “Komunitas Biola Depok”. Seiring berjalannya waktu, Mas Wando dan Mas Wisnu (teman setia beliau) mulai kewalahan dalam pengajaran level teori, mengingat mereka pun mempelajari biola tanpa dasar teori yang mumpuni, sehingga mereka meminta nasihat dan bantuan kepada seorang guru musik, yaitu Mas Yudi.

Komunitas ini pun tumbuh berkembang dan kemudian lebih dikenal dengan sebutan Autodidact Violin Community di bawah pengelolaan Mas Wando, Mas Wisnu, Mas Yudi, serta seluruh anggota kepengurusan awal sistem kerja komunitas ini berjalan. AVC Depok memiliki visi agar kesempatan untuk belajar biola semakin terbuka lebar dan merata di segala penjuru Indonesia. Prinsip utama AVC adalah ‘semua orang boleh belajar bermain biola’. Hingga kini, sudah ada saudara-saudara AVC di Bandung dan yang baru saja terbentuk adalah AVC Lampung sehingga AVC merubah namanya menjadi Alliance Violin Community.

BACA JUGA:  Sambangi Ketua Kadin, Sekber Wartawan Depok Diskusikan Geliat UMKM Depok

Terdiri dari para anggota yang berusia di bawah 16 tahun (AVC Kids) maupun 16 hingga 50 tahun ke atas (AVC Dewasa), Alliance Violin Community Depok menjadi wadah bagi masyarakat luas untuk belajar bermain biola tanpa mengeluarkan biaya yang besar terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. Banyaknya anggota yang tergabung dalam komunitas yang kini memiliki jadwal latihan rutin di Taman Lembah Gurame (Sukmajaya) dan Lapangan Futsal Quadrant (Komplek LBPP LIA) Depok ini mendorong keinginan setiap individu warga komunitas untuk menampilkan konser musik sebagai rapot sekaligus sebagai media pemberitahuan mengenai eksistensi komunitas ini kepada publik.

Konser yang telah dilaksanakan oleh AVC Depok di antaranya adalah MUSICAL PROLOGUE 1 “It’s All About Love” pada tahun 2012, MUSICAL PROLOGUE 2 “Let The Music Explain” pada tahun 2013, MUSICAL PROLOGUE 3 “Love In Decades” pada tahun 2014, dan KREASI UNTUK NEGERI “Di Bawah Langit Indonesia” pada tahun 2016. Selain konser tahunan, AVC juga turut aktif dalam mengadakan kegiatan sosial serta tampil untuk memenuhi undangan dan mengisi acara-acara personal maupun pemerintahan. Pada tanggal 27 Agustus 2017 lalu, Alliance Violin Community baru saja lolos seleksi untuk tampil dalam ajang Indonesia Orchestra and Ensemble Festival (IOEF) 2017 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki dan penampilannya dianugerahi sebagai ‘The Most Festive Group’.

BACA JUGA:  Kawal Pembangunan, Sekber Wartawan Depok Intens Diskusi dan Tukar Pendapat dengan OPD
(Foto: Instagram @avcdepok)

Pada tahun ini, AVC Depok mengusung tema nasionalis dalam annual konser yang akan dibawakan pada akhir tahun 2017 ini. AVC Depok percaya bahwa dalam hidup bermasyarakat, sebagai manusia kita tidak akan bisa menolak keberagaman dan perbedaan.

Maraknya berita-berita mengenai perselisihan, perbedaan, dan pergesekan di kalangan masyarakat Indonesia kerap terjadi dan menjadi sorotan media hingga ke mancanegara. Namun, AVC percaya hal tersebut bukan berarti menjadi halangan bagi setiap masyarakat untuk hidup beriringan.

Berangkat dari semangat tersebutlah, konser tahunan yang diselenggarakan oleh AVC Depok pada akhir tahun 2017 ini bertajuk “Retorika Nusantara” yang arti kata retorika sendiri bermakna sebagai bentuk ajakan atau rayuan. Selain bermaksud untuk berbicara atau mengutarakan mengenai keindahan keberagaman Nusantara atau Indonesia, konsep acara dan lagu-lagu yang akan dibawakan pada tanggal 2 Desember 2017 nanti bermaksud untuk menyuarakan dan mengumandangkan ajakan kepada seluruh rakyat di bumi Nusantara untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A post shared by AVC Depok (@avcdepok) on

Melalui keseluruhan konsep acara dan lagu-lagu yang akan dibawakan, alunan alat musik gesek yang terdiri dari Violin, Cello, dan Viola akan berkolaborasi dengan alat-alat musik etnik nuansa nusantara yang bekerja sama dengan Sanggar Musik Al-Hikmah dan tampilan tari tradisional bekerja sama dengan Sanggar Tari Larasati di Gedung Kemuning Gading, Kota Bogor. Nonton ya!

BACA JUGA:  Milad ke-1, Jawara Betawi Gelar Tasyakuran

Info tiket :
Hariz 0838-0649-4298 (whatsapp only)
Nur 0877-8777-6065 (whatsapp only)

Info selanjutnya :
Facebook : Alliance Violin Community Depok
Twitter / Instagram : @avcdepok
Youtube : AVC Depok
Website : depok.avc.web.id

Penulis :
Sofi Isnaeni Haqi, Humas AVC Depok.

Komentar

komentar