6 Herbal yang Dapat Mengobati Penyakit Bronkitis Akut

Bronchitis akut adalah peradangan pada selaput lender, yang melapisi saluran udara yang lebih besar, yang sering juga diikuti dengan gejala pilek. Ketika saluran udara meradang akan mengeluarkan peningkatan jumlah lendir berwarna kuning hingga kehijauan dan dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan mengi.

Dalam beberapa kasus, gejala bronchitis dating tiba – tiba dan hilang dengan cepat dalam waktu 5 hari. Mungkin tubuh akan terasa sakit di belakang tulang dada dan dapat mengalami demam ringan.

Bronkitis akut biasanya di sebabkan oleh virus, obat – obatan antibiotic yang tidak efektif, tanda – tanda kelainan pada paru – paru, atau jika memiliki pra-kondisi paru-paru seperti asma atau bronchitis kronis (COPD) yang menjadi lebih buruk. Penyakit bronkitis akut dapat disembuhkan dengan beberapa tanaman herbal seperti:

Pelargonium
Pelargonium merupakan ekstrak dari akar geranium Afrika Selatan, yang memiliki aktifitas antivirus dan antibakteri. Hal tersebut juga dapat merangsang pembersihan lendir dengan mempercepat gerakan rambut halus (silia) pada lapisan saluran pernapasan. Pelargonium dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, pilek, radang tenggorokan dan sinusitis serta bronchitis akut. Tanaman herbal alami ini adalah pengobatan yang paling efektif mengobati bronkitis akut. Lebih efektif daripada obat yang di resepkan dari seorang dokter.

Bawang putih
Bawang Putih digunakan untuk mengobati kelebihan dahak dan bronchitis oleh orang Yunani kuno. Penelitian modern menunjukkan ia memiliki sifat antivirus dan antibakteri, serta meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh.

Madu
Madu memiliki aksi antibakteri yang sangat bagus untuk menenangkan sakit tenggorokan. Dan kemampuan madu dalam menyembuhkan penyakit bronchitis sudah tak mungkin terbantahkan lagi dengan banyaknya penelitian yang membuktikan khasiatnya.

Ginseng Siberia
Tanaman Ini dapat membangkitkan kekebalan tubuh. Penelitian Rusia menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsinya secara teratur memiliki penurunan resiko sekitar 40%  untuk mengalami bronchitis, pilek, flu dan infeksi lainnya daripada yang tidak mengkonsumsinya. Ginseng Siberia (Eleutherococcus) merupakan bantuan besar untuk kesehatan Anda dalam memulihkan sakit bronchitis Anda.

Propolis
Zat alami dari propolis ini merupakan antiseptik alami yang dihasilkan oleh lebah madu untuk menjaga sarang mereka dari infeksi. Propolis berisi bioflavonoid dengan aktifitas antibakteri dan antivirus dan bermanfaat untuk mengobati bronkitis akut.

Tanaman herbal di atas adalah tanaman yang bisa menjadi alternative, untuk pengobatan bronchitis alami yang manjur. Beberapa obat-obatan herbal memiliki aktifitas antivirus dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi gejala bronchitis. (Dwinta Imani)

Comments

comments