5 Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Masalah pada bau badan atau bau ketiak membuat seseorang tidak percaya diri, meskipun sudah mandi, bagi orang yang mempunyai pori-pori kulit yang lebar, kelenjar aprokin leluasa untuk menghasilkan keringat yang bercampur dengan bakteri.

Bau badan tidak hanya terjadi pada pria, namun bisa terjadi pada wanita. Penyebab utamanya, jumlah kuman dan bakteri berkembang dalam keringat yang berada dibagian ketiak bertambah banyak lalu membuat bau tak sedap keluar. Bau badan tidak hanya menggangu diri sendiri, tetapi mengganggu orang-orang disekitar.

Percaya atau tidak stress dapat mengakibatkan bau badan tidak sedap. Hal ini disebabkan, stress memicu produksi keringat berlebih terutama dibagian ketiak. Bakteri yang berkembang lebih cepat karena panas dan mengeluarkan bau tak sedap.

Untuk menutupi bau ketiak bisa menggunakan deodorant, tapi jika menggunakan deodorant terlalu sering bisa berpengaruh buruk. Makanan yang sehat dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Berikut adalah makanan yang harus dibatasi untuk mencegah bau badan:

Bawang
Bawang putih, merah dan bombay mempunyai senyawa aktif yang cukup tajam, senyawa tersebut tetap menempel selama berjam-jam setelah makanan yang tercampur oleh bawang dikonsumsi. Setelah dikonsumsi senyawa alicin berubah menjadi senyawa lain yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat yang mengahasilkan bau yang tidak sedap.

Brokoli
Selain bawang, ternyata brokoli penyumbang besar penyebab bau ketiak tak sedap. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung senyawa seperti sulfur yang bila sudah masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi senyawa bau yang pada akhirnya dikeluarkan oleh nafas, urine dan keringat.

Daging
Menurut penelitian, orang yang banyak mengonsumsi daging mempunyai bau badan yang tidak sedap. Disebabkan karena daging memiliki waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Daging yang tidak dicerna sempurna menimbulkan bau busuk pada sistem pencernaan akan mengakibatkan bau badan.

Kunyit
Kunyit memiliki unsur senyawa yang sama dengan bawang yang dikeluarkan tubuh melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah mencerna makanan. Tidak hanya menimbulkan bau badan tetapi juga bau mulut tak sedap.

Gorengan
Lemak dan minyak yang terdapat pada makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik. Bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan.

Itulah makanan penyebab bau badan, baiknya dihindari ataupun dikurangi apabila ingin terbebas dari bau badan. (Arif Fadilah)

Comments

comments