10 Manfaat Tersembunyi Buah Naga yang Perlu Diketahui

Buah naga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan (Afp Photo)

Buah naga atau sering disebut pitaya sebenarnya berasal dari benua Amerika. Buah ini banyak ditemui di daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Tetapi buah naga sekarang ini sudah menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk di negara Indonesia.

Selain cocok menjadi campuran es buah, buah bersisik tebal berwarna merah ini juga enak dimakan langsung.

Buah naga memiliki beberapa jenis, dari segi warna kulit maupun warna dagingnya. Berikut jenis-jenis buah naga :

  • Buah naga warna kulit merah muda memiliki warna daging merah terang.
  • Buah naga warna kulit merah muda memiliki warna daging merah tua.
  • Buah naga warna kulit merah memiliki daging warna putih.
  • Buah naga warna kuning memiliki daging warna putih.

Buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C dan B, serta mineral seperti zat besi, kalsium dan fosfor.

Berikut 10 manfaat buah naga jika dikonsumsi secara rutin.

Menjaga Kesehatan Tulang
Nutrisi dalam buah naga terdapat mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencegah Diabetes Melitus
Rutin mengonsumsi buah naga sangat bermanfaat untuk mencegah Diabetes. Kandungan yang ada di dalam buah naga berfungsi untuk membunuh sel-sel jahat di dalam tubuh yang timbul akibat sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Mencegah Serangan Jantung
Buah naga memiliki kandungan serat yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Organ Usus
Orang yang suka konsumsi makanan dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan fungsi organ usus menjadi berat, sehingga organ usus akan bekerja sangat keras. Disarankan sekali jika mengonsumsi buah naga secara rutin agar dapat meminimalisir masalah kinerja organ usus yang terlalu berat.

Meningkatkan Nafsu Makan
Buah naga yang memiliki vitamin B2 dan B1 berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

Mencegah Penuaan Dini
Penuaan disebabkan oleh kerusakan sel akibat radikal bebas. Buah naga kaya antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dini.

Menghilangkan Jerawat
Kaya akan vitamin, buah naga sangat membantu untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah.

Manfaat Untuk Wanita Hamil
Wanita hamil harus makan buah-buahan sehat yang mengandung vitamin, mineral, serat dan asam lemak. Kandungan penting tersebut terdapat di dalam buah naga yang dagingnya berwarna merah, memberikan manfaat besar bagi wanita hamil dan calon bayi.

Menjaga Kesehatan Gigi
Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga tidak hanya berkhasiat untuk tulang saja, namun kandungan tersebut dipercaya untuk merawat kesehatan pada gigi.

Menghaluskan Kulit
Kulit kasar dapat muncul akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Vitamin C, protein dan asam folat yang terkandung pada buah naga sangat efektif untuk melarutkan sel-sel kulit mati tersebut.

Itulah beberapa manfaat buah naga pada kesehatan. Dapatkan manfaat tersebut dengan cara mengonsumsi secara rutin. (Arif Fadilah)

Comments

comments