Beranda Seputar Depok Sambut Hari Batik Nasional, Kota Depok Kembangkan Potensi Batik Tulis Khas Depok

Sambut Hari Batik Nasional, Kota Depok Kembangkan Potensi Batik Tulis Khas Depok

Batik asli Kota Depok yang diproduksi Komunitas Batik Depok.. (Foto: San/DepokPos)

DEPOK – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung pada tanggal 2 Oktober bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa batik menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

“Memperingati Hari Batik Nasional menjadi kenbanggaan Indonesia dimana batik sudah diakui PBB sebagai produk kekhasan Indonesia. Pelestarian batik di Kota Depok diantaranya dengan membentuk komunitas batik,” ujar Idris seusai upacara Hari Kesaktian Pancasila yang digelar dilapangan Balai Kota Depok, Senin (2/10).

Sebelumnya juga pernah ada Sayembara Batik, hingga ada 10 motif batik yang telah di tetapkankan menjadi batik khas Kota Depok.

BACA JUGA:  Pewarta Depok Sepakat Bentuk Sekber

“Sekarang kita juga tengah menghidupkan lagi potensi batik tulis dengan berbagai motif khas Depok diantaranya batik motif ikan Neon Tetra, motif Rebutan Dandang dan motif alam seperti motif bamboo khas Ciliwung,” ujarnya.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Wali Kota selaku Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pancasila oleh Dandim 0508/Depok kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik.

 

Komentar

komentar