KOMINFO Wajibkan Registrasi Ulang Sim Card, Ini Caranya

(Istimewa)

Sim card merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah ponsel. dengan adanya ponsel yang dipasang sim card, manusia bisa berkomunikasi jarak jauh melalui sinyal yang di pancarkan oleh sim card tersebut.

Untuk bisa berkomunikasi pemilik ponsel harus mengisi identitas atau registrasi ketika membeli sebuah sim card, karena hal tersebut sangatlah penting untuk data si pemilik sim card tersebut. Makanya dalam hal ini pemerintah mengeluarkan undang-undang mengenai registrasi sim card yang bertujuan untuk mengatur jalannya pertelekomunikasian masyarakat. Terdapat dalam Peraturan Menteri (PM) No. 14 Tahun 2017 yang merupakan revisi dari PM No.12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Yang mana pelanggan sim card wajib registrasi ulang nomor prabayar dengan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Tak hanya bagi pelanggan baru saja yang harus melakukan registrasi tapi juga pelanggan lama di wajibkan untuk registrasi ulang. Dengan cara ketik :

ULANG#NO NIK#NO KK#
Kirim ke 4444

Registrasi ini berlaku 31 Oktober 2017 dan pendaftaran paling lambat 28 Februari 2018. Keberhasilan registrasi SIM Card ini harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP elektronik (e-KTP) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dinyatakan sukses. Registrasi ini juga bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan sim card. (Lukman)

Comments

comments