IsEF SEBI Gelar Silaturahim Akbar ke-2

DEPOK – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Islamic Economics Forum (IsEF) Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI menggelar acara silaturahim akbar, Sabtu 28 Oktober 2017. Acara silaturahim akbar ini merupakan acara yang kedua kalinya diadakan oleh KSEI IsEF. Silaturahim akbar ini familiar dengan singkatan ‘Silatbar’ di kalangan keluarga besar KSEI IsEF. Silatbar 2017 ini dihadiri oleh para keluarga besar KESI IsEF dari angkatan tahun 2001 hingga tahun 2017 sekarang yang masih berstatus menjadi pengurus aktif.

Rangkaian acara Silatbar dibuka dengan agenda pembukaan dan pembacaan tilawah al-qur’an oleh Aminurrohman dan Ghifari selaku MC (Master of Ceremony) dari acara Silatbar KSEI IsEF pada pukul 10.30 Waktu Indonesia Barat. Kemudian acara dilanjut dengan sambutan-sambutan dari beberapa tokoh. Yaitu ketua KSEI IsEF, Halwani, ketua acara Silatbar, Usamah, dan ketua keluarga alumni IsEF, Molbi. Selanjutnya memasuki inti acara, dimulai dengan sharing motivation yang dibawakan oleh Muhammad selaku moderator. Acara sharing motivation ini diisi oleh tiga tokoh terkemuka di kampus STEI SEBI dan telah terkenal akan kesuksesan melalui intelektualitasnya. Para tokoh pembicara sharing motivation tersebut adalah Bapak Hendro Wibowo, SEI., MM., CFP dan Bapak Teguh, SEI. yang merupakan alumni dari pengurus KSEI IsEF periode 2001 dan 2002, serta Bapak Sigit Pramono Ph.D yang selaku rektor kampus STEI SEBI.

Para tokoh sharing motivation tersebut saling menceritakan dan memberikan kisahnya yang dapat membangun motivasi untuk para peserta Silatbar IsEF. Ada sederet pesan-pesan dari sharing motivation yang disampaikan oleh para tokoh tersebut.

“Pertama, Sebi jaman now harus meningkatkan skill yang telah diasahnya. Menciptakan bankir dari lulusan-lulusan perbankan syariah serta mengembangkan keilmuan perbankannya. Dimensi waktu itu perlu dan penting. Kedua, tehnologi yang berkembang pesat sesungguhnya menjadi alat atau tools perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, tetapi harus sesuai bidangnya. Misalnya dengan mengembangkan fintech untuk mengembangkan keuangan negara dengan adanya pembayaran zakat dan wakaf. Ketiga harus memilki inovasi. Yang baik harus ditingkatkan, dan berkomitmen untuk meningkatnya menjadi selalu lebih baik di tiap waktunya dengan mencapai target dan capaian,“ jelas Sigit Pramono Ph.D yang menuturkan sederetan pengalamannya dan juga memberikan kesan yang bertujuan dapat memotivasi keluarga besar KSEI IsEF.

Setelah acara sharing motivation, dilanjut dengan rangkaian acara diskusi dan sinergi. Dimana dalam sesi acara ini para keluarga besar KSEI IsEF yang di dalamnya terdapat para alumni dan juga pengurus KSEI IsEF, mengadakan diskusi mengenai program kerja KSEI IsEF untuk kedepannya serta memberikan masukan juga solusinya. Bukan hanya sebatas diskusi, tetapi antar alumni dan juga pengurus melakukan sinergi lewat support serta dukungan penuh untuk membangun KSEI IsEF menjadi lebih baik bersama-sama.

Dalam acara Silatbar ini, terdapat beberapa kesan juga harapan dari ketua acara Silatbar KSEI IsEF ini.

“SIlatbar KSEI IsEF 2017 ini merupakan tolak ukur atas terelisasikannya acara Silatbar yang tahun sebelumnya belum dapat terealisasikan, dan dapat dijadikan pintu awal untuk kontribusi para pengurus KSEI IsEF. Harapan diadakannya Silatbar ini supaya bisa terjalin silaturahim yang intens antar alumni dan juga pengurus. Pun terdapat beberapa output dari Silatbar salah satunya adalah dapat melengkapi database alumni pengurus KSEI IsEF.” Tutur Usamah selaku ketua acara Silatbar KSEI IsEF 2017.

Selain itu, harapan juga disampaikan oleh Halwani selaku ketua KSEI IsEF 2017/2018,
“Diadakannya acara silatbar ini diharapkan bisa menunjang pengetahuan tentang sejarah bagaimana IsEF ini didirikan, dan juga rekam jejak ISEF melalui para alumni-alumni yang hadir. Juga adanya output dari Silatbar ini yaitu peran alumni terhadap KSEI IsEF, bukan hanya menggugurkan kewajiban setelah menjadi alumni. Tetapi juga tetap berkontribusi pada KSEI IsEF dengan beberapa cara. Yaitu secara intelektual, secara financial, dan juga mental. Dengan begitu sinergi dan kepemilikan alumni terhadap KSEI IsEF akan tetap terjalin.” Jelas Halwani.

Acara Silatbar diakhiri dengan penutupan berupa doa bersama pukul 17.15 Waktu Indonesia Barat. Juga sesi foto bersama dan berpamitan antar keluarga besar KSEI IsEF. (efa)

Comments

comments