Sering Mengantuk di Sore Hari? Ini Penyebabnya

Ilustrasi. (Istimewa)

Sebagian besar orang merasakan ngantuk di sore hari padahal mereka menganggap jam tidur mereka telah cukup. Terutama bagi para pekerja dan mahasiswa yang menjalani kegiatan hampir selama seharian penuh.

Setelah makan siang (antara jam 2-4 sore) dianggap sebagai waktu yang paling rawan bagi seseorang merasakan ngantuk yang luar biasa serta perubahan mood yang umumnya sering terjadi. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Dilansir Boldsky, beberapa peneliti menemukan penyebab terjadinya fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak seseorang akan merasa kelelahan setelah padatnya kegiatan yang dllakukan sejak pagi hari.

Sore hari merupakan waktu puncak di mana seseorang akan merasa kelelahan akibat otak telah diforsir untuk berpikir selama berjam-jam lamanya. Hal ini juga bisa mengakibatkan perubahan mood yang kerap terjadi akibat rasa lelah yang dirasakan.

Penyebab lain seperti kurangnya asupan makanan, waktu tidur yang kurang, dan kurangnya waktu refreshing juga menjadi faktor kenapa rasa kantuk akan sangat terasa saat sore hari.

Kurangnya waktu tidur jelas akan membuat seseorang merasa ngantuk karena idealnya waktu tidur yang dibutuhkan seseorang adalah 7 sampai 8 jam per hari. Waktu tidur yang tidak cukup membuat seseorang akan merasa cepat lelah dan mengantuk lebih sering.

Sedangkan kurangnya asupan makanan juga menjadi penyebabnya, terutama bagi mereka yang tidak menyantap sarapan. Melewati sarapan akan mengganggu hormonal seseorang sehingga bisa membuat seseorang merasa cepat lesu.

Otak yang dipaksa bekerja selama setengah hari penuh tak bisa terus dipaksakan untuk berfungsi dengan maksimal. Bagaimanapun otak perlu diistirahatkan sejenak untuk membuat otak ‘dingin’ kembali. Kegiatan yang menyenangkan bisa membuat otak lebih rileks dan membuatnya segar kembali sehingga rasa kantuk pun akan hilang. (Hana Nurul Jannah)

Comments

comments