Rumah Zakat Rayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Bersama Anak-Anak Banjarmasin

Seorang dokter menjelaskan mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar. (Dok. Rumah Zakat)

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional yang diperingati setiap bulan September, Rumah Zakat bersama Cita Sehat sebagai mitra dalam bidang kesehatan mengunjungi salah satu sekolah dasar di ujung wilayah Banjarmasin yaitu SD Negeri 10 Basirih pada Rabu (20/9) pagi.

“Akses menuju sekolah tersebut cukup sulit karena sekolah berada di tempat terpencil di Kecamatan Banjarmasin Barat. SDN 10 Basiri ini tidak bisa di akses melalui jalur darat sehingga tim dan para siswa harus menaiki perahu selama 30 menit,” tutur Ahmad Rusadi selaku Public Health Cita Sehat dalam siaran pers yang diterima DepokPos.

Para siswa SDN 10 Basirih Banjarmasin terlihat senang dengan kehadiran tim yang terdiri dari dua orang dokter gigi dan beberapa orang relawan. Hal tersebut Nampak pada senyum ramah para siswa yang membuat tim dan relawan semakin bersemangat meskipun lelah akibat perjalanan.

Acara penyuluhan dimulai dengan sambutan dari perwakilan sekolah dan perwakilan dari Rumah Zakat. Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan dan praktek langsung cara menyikat gigi yang baik dan benar.

“Terima kasih Rumah Zakat yang telah bersedia dan mau datang ke sekolah kami untuk memberikan penyuluhan kepada siswa kami,” ucap Reza Fahlefi, guru pengajar di SDN 10 Basirih Banjarmasin.

Dikatakannya, penyuluhan ini sangatlah perlu, mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. “Dan menjaga kebersihan gigi serta mulut itu haruslah dilakukan dengan cara yang baik dan benar,” timpalnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Bara, dokter penyuluh dari Rumah Zakat. “Sosialisi dini kepada anak-anak sangat diperlukan. Menjaga kesehatan bisa mulai dengan bagaimana cara menggosok gigi yang baik ban benar,” tutur dokter Bara.

Dokter Bara menjelaskan bagaimana langkah-langkah menyikat gigi yang baik dan benar lengkap dengan alat peraga yang ia bawa. Para siswa memperhatikan apa yang ia tuturkan dengan sangat antusias.

“Tak hanya itu, juga harus diperhatikan waktu dan jumlah menggosok gigi, yaitu minimal tiga kali sehari sesudah makan. Juga hindari makan makanan yang mengandung gula berlebih seperti permen dan coklat,” pesan dokter Bara kepada siswa.

Comments

comments