Rahasia Tetap Muda di Usia Senja

Ilustrasi. (Istimewa)

Menjadi orang yang lanjut usia pastilah sangat sulit berada di posisinya. Untuk melakukan banyak hal sangat tidak mendukung karena fisiknya yang sudah mulai melemah. Tetapi, jika diam saja akan terasa sangat membosankan bukan ?

Ada sebuah Anekdot yang keliru, bahwa seorang yang sudah lanjut usia seharusnya bersantai di rumah saja, jangan melakukan banyak hal dan tidak perlu berolahraga, padahal olahraga sendiri banyak sekali manfaatnya, dan membuat fisik terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit tulang yang biasa diderita oleh para lansia.

Dengan tubuh yang sudah lemah, seharusnya justru memperhatikan pola hidup sehat seperti olaharaga. Para lansia hanya cukup jalan di pagi hari, Karna jalan di pagi hari tidak mengeluarkan banyak tenaga. Sehingga para lansia pasti bisa melakukannya.

Berikut manfaat dari olahraga:

1. Menguatkan Otot Tubuh.
Dengan olahraga membuat otot menjadi kuat, sehingga ketika lansia tidak perlu lagi menggunakan kursi roda dan bisa berjalan sendiri tanpa merepotkan orang lain.

2. Terhindar dari Banyak Penyakit.
Salah satu rentannya tubuh seorang lansia adalah terserang penyakit. Sehingga dengan berolahraga kecil dapat mengurangi resiko tersebut.

3. Terhindar dari Gangguan Mental
Pada saat menuju masa lansia maka daya pikir dan semua organ tubuh menjadi melemah. Begitu pula dengan lansia maka dari itu dengan berolahraga, otak akan fresh sehingga otak mendorong agar tetap jernih dan daya pikir akan tetap terjaga.

4. Menurunkan Kadar Lemak
Dengan berolahraga dapat mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, sehingga cocok untuk lansia yang mengalami obesitas.

5. Terhindar dari Serangan Jantung.
Dengan olahraga secara tidak langsung menguatkan otot jantung. Sehingga resiko terkena serangan jantung sangat sedikit.

Maka dari itu olahraga adalah bentuk upaya menuju hidup sehat. Walapun sudah lanjut usia olahraga adalah sebuah kebutuhan. Jangan sampai semakin lanjut usia semakin lupa dengan hidup sehat. (Qori Hikmah Nur Hanafi)

Comments

comments