Beranda Seputar Depok Penerapan Jalur SSA Dinilai Ampuh Urai Kemacetan di Kota Depok

Penerapan Jalur SSA Dinilai Ampuh Urai Kemacetan di Kota Depok

Jalan Arif Rahman Hakim lebih lancar pada jam sibuk sejak diberlakukannya uji coba jalur satu arah. (Foto: San/DepokPos)

DEPOK – Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana, mengatakan pihaknya akan menambah sejumlah rambu lalu lintas dan marka jalan di sepanjang jalur Sistem Satu Arah (SSA).

“Penambahan rambu dan marka jalan kami lakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan secara keseluruhan,” kata Gandara di Depok, Jumat (8/9/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa uji coba SSA akan terus dilaksanakan sambil dikaji pelaksanaannya karena hasil evaluasi membuktikan SSA mampu mengurai kemacetan di Jalan Nusantara, Jalan Dewi Sartika dan Jalan Arief Rahman Hakim.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Depok Gelar Kelas Melukis Untuk Lansia

Gandara mengatakan terdapat tiga parameter yang digunakan dalam proses pengevaluasian SSA yaitu, tingkat kecepatan dari kendaraan, waktu tempuh, serta panjangnya antrean kendaraan yang berada di perlintasan SSA.

“Tiga parameter tersebut, mulai dari tingkat kecepatan jarak tempuhnya sudah bisa dilalui dalam kisaran 17 Km/jam terutama pada jam sibuk. Untuk waktu tempuh, lebih efisien lagi yaitu hanya memakan waktu sekitar 55 menit. Dan paramater ketiga yaitu panjang antrean hanya berjarak 500 meter saja dari yang sebelumnya bisa mencapai 2 hingga 3 kilometer,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Gandeng 20 Mitra Usaha Fasilitasi Kartu Identitas Anak

Sedangkan mengenai adanya aksi penolakan warga, Gandara menilai hal itu wajar terjadi setiap adanya perubahan demi kepentingan bersama. Pihaknya akan menampung segala keberatan warga dan pedagang yang menolak penerapan SSA di Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara dan Jalan Arief Rahma Hakim.

“Kami terima dan tampung semua keluhan serta keberatan warga terkait SSA ini,” katanya.

 

Komentar

komentar