Beranda Kesehatan Ketombe Bikin Kesel? Atasi Dengan Cara Alami Ini

Ketombe Bikin Kesel? Atasi Dengan Cara Alami Ini

Ilustrasi. (Istimewa)

Ketombe atau dalam istilah medis dimanakan sebagai pityriasis capitis. Ketombe terjadi dikulit kepala. Ketombe merupakan munculnya pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala. Pengelupasan ini sebenarnya wajar dialami oleh siapa saja namun pada kasus ketombe ini pengelupasanya sangat belebihan dan butuh penanganan agar dapat menghentikan pengelupasan kulit kepala yg berlebihan. Selain itu ketombe juga membuat gatal pada kulit kepala.

Apa anda pernah mengalami masalah ketombe ? ketombe membuat rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri rambut terlihat kotor, apalagi ketika kita sedang memakai pakaian berwarna gelap serpihan putih pada berjatuhan dibaju, dan membuat perilaku memalukan kita sering mengaruk-garuk kepala.Ada banyak faktor munculnya ketombe seperti kulit kepala kering, peradangan kulit kepala, penumpukan sel kulit mati, dan adanya jamur pasa kulit kepala. Untuk mengatasi masalah ketombe ada beberapa cara alami mengatasi ketombe.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

1. Jeruk nipis

Jeruknipis memang bermanfaat buat kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini bukanlah hal yang baru lagi karena sudah sejak lama vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat membasmi ketombe di kulit kepala. Caranya ambil satu sampai dua buah jeruk nipis. Selanjutnya diperas dan ambil air sari jeruk nipisnya. Hasil perasan itu di oleskan keseluruh bagian kulit kepala sampai rata kemudian bilas rambut yang sudah dibaluri dengan jeruk nipis sampai bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu lidah buaya dapat membuat rambut subur serta mampu menghilangkan ketombe membandel. Caranya ambilah satu buah batang lidah buaya dan dibelah menjadi dua bagian. Ambil gel daging yang terdapat bagian tengah lidah buaya. Gunakan gel tersebut untuk di oleskan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

3. Daun pandan

Daun pandan bukan hanya digunakan untuk pewarna hijau alami atau untuk menyedapkan makanan. Daun pandan juga dapat mengatasi ketombe secara alami. Caranya haluskan daun pandan cukup dengan ditumbuk. kemudian tambahkan sedikit air hangat dan bilas kepala dengan perasan daun pandan ini.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun minyak zaitun sangat terkenal dalam dunia kecantikan dan dunia medis. Banyak yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe, bahkan sudah sejak dari jaman dahulu Caranya siapkan 1 sendok makan minyak zaitun, sebelum menggunakan minyak zaitun, pastikan rambut anda dalam keadaan bersih Kemudian oleskan minyak zaitun pada kepala secara merata dari ujung rambut sampai kulit kepala. Setelah itu beri pijatan lembut selama 5-10 menit, kemudian diamkan selama 30-40 menit. Lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

5. Cuka

Cuka biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk penyedap makanan. Cuka sangat ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe. Cuka juga memiliki kandungan zat asam yang bersifat abrasif. Kandungan zat asam inilah yang dapat membuat sel-sel mati pada kulit kepala terkelupas. Bahkan untuk penggunaan yang pertama, sel-sel kulit mati pada kepala anda akan hilang dengan mudah. Caranya siapkan cuka putih secukupnya saja. Sebelumnya, bersihkan rambut anda sampai bersih kemudian oleskan cuka ke kulit kepala sampai merata selama 5-10 menit, kemudian diamkan selama 30-25 menit sampai cuka mengering. setelah selesai, bilas rambut hingga bersih. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar