Beranda Oase Kemuliaan di Penghujung Malam

Kemuliaan di Penghujung Malam

Ilustrasi. (Istimewa)

Bermohon dan bermunajat kepada-Nya ketika waku terkabulnya Doa, yaitu pada sepertiga malam, dimana jika berdoa sangat mustajab untuk dikabulkan oleh Allah. Melawan rasa kantuk dan rasakan nikmatnya kedekatan kita dengan Sang Pencipta yaitu Alloh swt. jangan merasa diri ini cukup.

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir:60)

Kemuliaan Tahajjud

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra:79)

Ayat tersebut memerintahkan Rasulullah dan kaum Muslim agar bangun di malam hari dan mengerjakan shalat tahajjud. Ayat tersebut juga merupakan ayat yang pertama kali memerintahkan Rasulullah mengerjakan shalat malam sebagai tambahan atas shalat yang wajib. Shalat malam tersebut dijelaskan oleh hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang artinya;

“Bahwasannya Nabi shallallahu alaihi wa sallam ditanya orang: “Shalat manakah yang paling utama setelah shalat yang diwajibkan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: Shalat tahajjud”. (HR.Abu Hurairah)

BACA JUGA:  Bertebaran Dalam Kebaikan

Bahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, telah menegaskan pentingnya kedudukan shalat tahajjud tersebut, seperti dalam sabdanya berikut: “Shalat tahajjud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarkan dari penyakit”.(HR.Tirmidzi)

Shalat tahajjud yang dilakukan dengan khusyu’, ikhlas, kontinyu dan penuh pengharapan akan ridha Allah subhanahu wa ta’ala pada waktu tengah malam dapat mendatangkan rasa tenang dan sunyi pada malam hari tentu dapat menunjang konsentrasi, sehingga kekhusyu’an dalam shalat lebih mudah didapat. Dalam kondisi seperti ini, bacaan shalat dan do’a yang dipanjatkan dapat lebih mudah diresapi maknanya. Sehingga, shalat tahajjud dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif akan datangnya pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala.

Dimana shalat tahajjud juga dipercaya memiliki keistimewaan lain, dimana bagi orang yang mendirikan shalat tahajjud diberikan manfaat, yaitu keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat, antara lain wajahnya memancarkan cahaya keimanan, akan dipelihara oleh Allah dirinya dari segala macam marabahaya, setiap perkataannya mengandung arti dan dituruti oleh orang lain, akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah yang bercahaya, diberi kitab amalnya ditangan kanannya, dimudahkan hisabnya, berjalan di atas shirat bagaikan kilat.

BACA JUGA:  Nikmat yang Sering Terlupakan

Ketika menerangkan shalat tahajjud, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda; shalat tahajjud merupakan sarana (meraih) keridhaan Tuhan, kecintaan para malaikat, sunah para nabi, cahaya pengetahuan, pokok keimanan, istirahat untuk tubuh, kebencian para syaitan, senjata untuk (melawan) musuh, (sarana) terkabulnya doa, (sarana) diterimanya amal, keberkatan bagi rezeki, pemberi syafaat di antara yang melaksanakannya dan di antara malaikat maut, cahaya di kuburan (pelaksananya), ranjang dari bawah sisi (pelaksananya), menjadi jawaban munkar dan nakir, teman dan penjenguk dikubur (pelaksananya) hingga hari kiamat, ketika di hari kiamat salat tahajjud tersebut akan menjadi pelindung di atas (pelaksanaannya), mahkota di kepalanya, busana bagi tubuhnya, cahaya yang menyebar didepannya, penghalang di antaranya dan neraka, hujah (dalil) bagi mukmin dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala, pemberat bagi timbangan, izin untuk melewati shirath al-Mustaqim, kunci surga.

Manfaat Shalat Tahajjud

BACA JUGA:  Nikmat yang Sering Terlupakan

Berikut firman Allah subhanahu wa ta’ala; “Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan”. (QS.An-Nuur:44)

Berikut ada beberapa manfaat shalat tahajjud;

  • Pencegah dan penghapus perbuatan dosa
  • Doa terkabul
  • Obat dari berbagai penyakit
  • Dikagumi Allah subhanahu wa ta’ala
  • Sebagai ucapan rasa syukur
  • Memiliki kemulian

Kemuliaan shalat tahajjud Rasulullah pernah bersabda bahwa; “Barangsiapa menjaga Tahajjud dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan memberinya 9 kemuliaan.”(5 di dunia, 4 di akhirat)

Kemuliaan di dunia;

  • Allah menjauhkannya dari bencana dan bala.
  • Wajahnya memancarkan tanda keshalehan.
  • Akan dicintai hamba Allah yang soleh dan akan disegani manusia.
  • Lidahnya memiliki kemampuan berbicara yang mengandung hikmah.
  • Akan diberi kelebihan menjadi orang yang bijaksana dan mudah faham agama Allah.

Kemuliaan di akhirat;

  • Bangkit dengan wajah penuh cahaya.
  • Mudah dihisab dan memperoleh keringanan.
  • Seperti kilat menyambar saat menyeberangi shirotol mustaqim.
  • Menerima catatan amal dengan tangan sebelah kanan.

Referensi : Buku Rahasia Gerakan Shalat Sembuhkan Berbagai Penyakit & Jantung
Ditulis oleh : Ihza Della Priskila

Komentar

komentar