Beranda Kesehatan Cara Alami Mengatasi Kutu Air

Cara Alami Mengatasi Kutu Air

Ilustrasi. (istimewa)

Kutu air atau dalam istilah medis disebut juga sebagai tinea pedis. Kutu air adalah masalah kulit yang dapat menyebakan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas atau nyeri terutama pada sela-sela jari kaki. Penyakit kutu air merupakan infeksi kulit menular dan kutu air biasanya terjadi pada sela jari-jari kaki, kuku tangan serta kuku jari.

Apa anda pernah mengalami kutu air ? keberadaan kutu air ini sangat menggangu rasa gatal yang ditimbulkan membuat tak ingin berhenti menggaruk mengakibatkan kulit menjadi perih umumnya kutu air disebabkan oleh adanya jamur akibat kaki yang sering lembab keadanya merupakan tempat favorit bagi jamur. Untuk mengatasi kutu air ada cara alami berikut adalah cara alami mengatasi kutu air.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

1. Air garam

Air garam merupakan salah satu bahan alami yang mudah anda dapatkan yang dapat membantu dalam mengatasi kutu air di sela jari dan kaki anda. Karena pada air garam terkandung zat anti bakteri dan anti jamur yang dapat membasmi berbagai jenis bakteri dan juga jamur penyebab penyakit. Caranya rendam bagian kulit yang terkena kutu air selama 15 hingga 20 menit pada air hangat yg dicampur garam berfungsi untuk membunuh jamur juga bakteri, sehingga kutu air akan mudah disembuhkan.

2. Daun teh

Teh memiliki kandungan asam tannic pada teh mampu membasmi jamur yang tumbuh di kulit sehingga kutu air dapat reda. Caranya yaitu dengan menyeduh teh secukupnya dengan air yang mendidih. Setelah mulai hangat, gunakan untuk merendam kaki kurang lebih selama 30 menit.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga diyakini memiliki untuk mengatasi kutu air di sela jari kaki dan tangan anda, Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa ini memiliki peranan penting sebagai zat anti jamur yang berkhasiat untuk melawan jamur penyebab kutu air. Carannya dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut pada bagian sela jari atau kaki yang terkena kutu air, selanjutnya bilas dengan menggunakan air.

4. Cuka apel

Cuka apel dapat berperan mengatur ph kulit sehingga dapat membuat kulit lebih nyaman. Caranya mencampur cuka apel dengan air. Perbandinganya adalah satu banding satu. Campuran ini bisa digunakan untuk kaki yang mengalami kutu air. Rendamlah selama 20 sampai dengan 30 menit.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

5. Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. daun sirih juga bisa digunakan sebagai cara cami mengatasi kutu air Caranya cukup sediakan 10 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air bersih dan 2 sendok makan garam hingga mendidih. Kemudian tunggu air rebusan sampai dingin dan gunakan air rebusan tadi untuk mencuci kaki yang terkena kutu air. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar