Beranda Kesehatan Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Ilustrasi. (Istimewa)

Merawat kesehatan gigi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Seseorang yang memiliki gigi putih dan sehat menjadi dambaan semua orang karena dapat menunjukan senyum yang indah dibandingkan orang yang giginya tidak terawat seperti gigi berwarna kuning dan adanya karang gigi. Karang gigi atau plak adalah kotoran yang menempel di gigi yang lama-kelamaan. mengeras membentuk seperti kerak atau karang.

Karang gigi membuat seseorang kurang percaya diri menggangu penampilan tidak hanya itu plak pada gigi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada gigi dan gusi juga menimbulkan bau mulut tak sedap. Karang gigi paling sering diakibatkan oleh sisa makanan. makanan yang manis-manis, seperti cokelat, permen, kue. Selain makanan, beberapa kebiasaan seperti merokok dan minum kopi juga dapat menimbulkan karang gigi. Untuk mengatasi masalah karang gigi anda bisa lakukan dengan cara alami. Berikut adalah cara alami mengatatasi karang gigi.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

1. Baking soda

Baking soda merupakan satu jenis bahan makanan yang memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satu kegunaannya adalah dapat menghilangkan karang gigi dan memutihkannya dengan cepat. Caranya ambil satu sendok makan baking soda, taruh pada wadah kecil. Kemudian, tambahkan sepercik garam pada wadah tersebut, dan aduk hingga rata. Setelah itu bubuk campuran baking soda dan garam sudah teraduk rata, basahkan sikat gigi dan celupkan pada bubuk campuran ini. Kemudian sikat gigi seperti biasa, dan kumur-kumur setelah selesai hingga bersih.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

2. Strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Caranya yaitu dengan sering mengkonsumsi strawberry. Hal ini akan membantu mengikis karang gigi degan cepat.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki khasiat dalam mengatas sakit gigi serta menghilangkan karang atau plak. Hal ini dikarenakan di dalamnya terkandung senyawa yang bertugas sebagai anti-plak dan anti-gingvitis caranya haluskan cengkeh kemudian ambil kira-kira 1 sendok teh bubuknya, tuangkan dalam wadah. Lalu tambahkan 5 tetes minyak zaitun. Aduk rata. Kemudian gunakan untuk menggosok gigi.

4. Biji wijen

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Biji ini memiliki kandungan minyak yang berpotensi melawan bakteri streptococcus mutans penyebab terbentuknya plak gigi. Caranya hanya perlu mengunyah biji-nya. Dan pastikan untuk mengunyah di bagian gigi yang berkarang. Lalu ratakan dengan sikat gigi. Kemudian berkumurlah dengan air hingga bersih.

5. Kulit jeruk

Kulit jeruk dapat menghilangkan karang gigi dan sebagai cara memutikan gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan limonene di dalamnya. Serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri. Caranya usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. kemudian iamkan selama 7 jam atau Kamu bisa menggunakannya saat tidur malam. Keesokan paginya berkumurlah dengan air hingga bersih. (Fitri Nursiyami)

Komentar

komentar