Beranda Kesehatan 10 Manfaat Belimbing, Buah yang Menjadi Ikon Kota Depok

10 Manfaat Belimbing, Buah yang Menjadi Ikon Kota Depok

Ilustrasi. (Itimewa)

Seperti kita ketahui, bahwa belimbing adalah buah yang menjadi ikon Kota Depok. Buah yang dijuluki sebagai starfruit ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Belimbing memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi.

Berikut 10 manfaat buah belimbing untuk kesehatan.

Pencegah gejala kanker
Belimbing mengandung vitamin C yang dapat mencegah dari serangan gejala kanker. banyaknya Vitamin C yang terkandung dalam buah belimbing membuat belimbing ini tergolong menjadi buah yang memiliki antioksidan alami yang kuat. 100 gr belimbing dapat memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, buah yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu tubuh manusia mengembangkan rsistensi pasa agen infeksi, inflamasi bagi tubuh dan radikal bebas.

Meningkatkan kinerja enzim
dalam buah belimbing juga terdapat vitamin B kompleks seperti piridoksin (vitamin B-6), folat dan riboflavin. Rangkaian vitamin B kompleks ini membantu kinerja enzim yaitu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme, juga mendukung macam-macam fungsi sintetis enzim di dalam tubuh.

Kaya antioksidan
Selain antioksidan dari vitamin C yang dapat mencegah gejala kanker, belimbing juga memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Total polifenol dalam buah belimbing ini sampai 43 mg/ 100 gr. Jenis flavonoid ini termasuk asam galat, quercetin dan epicatechin yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Kaya serat
Buah belimbing dapat menutupi kebutuhan serat dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi belimbing beserta kulitnya. Tubuh kita memerlukan serat untuk mencegah terserapnya kolesterol jahat atau LDL makanan yang ada dalam usus. Serat juga mampu melindungu selaput lendir yang ada dalam usus besar dari paparan racun. Hal tersebut dilakukan oleh serat dengan cara mengikat bahan kimia dan racun yang dapat menyebabkan kanker usus. Serat pula lah yang membantu kelancaran sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Mengatasi Gangguan Pada Ginjal
Belimbing dapat menjadi solusi untuk seseorang yang mengalami keluhan pada ginjalnya karena belimbing memiliki konsentrasi yang tinggi terhadap asam oksalat. Oleh para ilmuan, hal tersebut dianggap sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu metabolisme dan penyerapan beberapa mineral alam yaitu magnesium, kalsium dan sebagainya.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Menurunkan tekanan darah tinggi
Belimbing dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung elektrolit dan mineral seperti seng, besi, fosfor dan kalium. Kalium sendiri adlah komponen terpenting dari sel dan cairan tubuh, yang dapat mengendalikan darah dan denyut jantung. Hal itu akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Untuk penyembuhan hipertensi (darah tinggi) biasanya dilakukan terapi belimbing dengan mengkonsumsinya sedara rutin.

Mengurangi kolesterol jahat
Terdapat zat pektin dalam belimbing yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin bekerja dengan mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Ini adalah hal yang baik bagi penderita gejala diabetes.

Menstabilkan cairan tubuh
Belimbing mengandung salah satu mineral baik yaitu kalium. Kalium adalah komponen penting yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan kestabilan cairan penting dalam tubuh. Hal tersebut penting untuk mengendalikan detak jantung. Kalium juga turut mencegah pengaruh buruk dari natrium.

Mencegah rambut rontok
Belimbing juga dapat membantu pencegahan terjadinya rambut rontok. Nutrisi yang terdapat dalam belimbing yaitu vitamin B, antioksidan dan vitamin C akan memberikan perawatan pada setiap helai rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan yang Wajib Diketahui

Melembabkan kulit
Belimbing dapat mengurangi minyak yang ada pada kulit serta melembabkannya. Minyak yang berlebihan pada kulit akan memicu tumbuhnya jerawat. Zinc yang terkandung dalam belimbing akan berperan untuk melembabkan kulit dan mengurangi minyak yang berlebih.

Itulah 10 manfaat buah belimbing yang baik untuk kesehatan tubuh luar dalam. Dari manfaat buah belimbing yang di uraikan diatas, perlu diketahui pula bahwa belimbing adalah buah yang memiliki kandungan asam oksalat. Asam jenis ini merupakan senyawa anti nutrisi yang dapat mengganggu terserapnya nutrisi lain. Selain itu, asam oksalat juga dapat menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal dan juga memicu penyakit asam urat. Belimbing juga termasuk buah yang berkadar gula sehingga tidak baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Ditulis oleh: Dini Yudas Madiani (mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah Depok Jawa Barat)

Komentar

komentar