Zaitun dan Segudang Manfaatnya

Buah zaitun. (Istimewa)

Pohon Zaitun, Allah SWT berfirman: “Dan pohon kayu keluar dari Thur Sinai”, yaitu “Pohon Zaitun” sebagaimana telah disepakati oleh semua ahli tafsir dan pakar-pakar islam lainnya. Salah satu pohon tertua yang tumbuh subur dimuka bumi, dengan tinggi rata-rata 15 meter berdaun hijau tua, dan memiliki pucuk dengan ukuran sedang. Setelah berumur 4 tahun, pohon kurma baru dapat menghasilkan buah dan memproduksi secara terus-menerus sekitar 2000 tahun. Pohon kurma memiliki umur yang begitu lama mencapai 5000 tahun.

Pohon zaitun yang banyak memproduksi minyak meskipun pertumbuhan dari pohon zaitun itu lama namun umurnya sangat pajang. Meski dalam keadaan kemarau atau musim kering, pohon kurma dapat hidup dan menghasilkan banyak buah. Meskipun dahan dan juga batang dari pohon zaitun mati, pohon tersebut dapat menumbuhkan kembali dahan serta batang-batang yang baru.

Sejak lama pohon Zaitun telah banyak diketahui oleh manusia, mulai dari kegunaan dan kebermanfaatan dari pohon Zaitun tersebut.

Pohon Asli Thur Sinai:
Allah berfirman :
وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَاءَ تَنْبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِلآكِلِينَ

Artinya: “Dan pohon kayu keluar dari Thur Sinai (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan” (QS: 023: 20)

Dalam tafsirnya Ibnu Katsir menjelaskan tentang maksud dari Q.S Al-mu’minuun 20 :
“Wa syajaratan takhruju min Thur Sina” (Dan pohon kayu keluar dari Thur Sinai), adalah “Pohon Zaitun”. Sedangkan “at-Thur” ialah nama sebuah bukit di Sinai, sebagian ahli tafsir mengomentari bahwa dinamakan “Thuran” (Thur = bukit) karena ditumbuhi pohon-pohonan, kalau gundul dinamakan “Jabalan” (gunung).

Delapan kali pohon zaitun di sebut dalam Al-Qur’an, Allah bersumpah dalam QS At-Tin “Demi pohon tin dan pohon zaitun”, selain itu juga disebut dalam beberapa surat yang Artinya:
“(Dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berberkah, (yaitu) pohon zaitun” (QS: 024: 35)
Pohon Zaitun yang berwarna hijau sepanjang masa normalnya menghasilkan buah pada umur 2 tahun namun banyak juga diantara pohon-pohon yang membutuhkan waktu 4tahun untuk menghasilkan buah.

Khasiat pohon Zaitun, mulai dari kulit pohon, daun, buah dan minyaknya dapat memberikan khasiat untuk manusia, banyak produk-produk kecantikan yang dibentuk untuk memberikan manfaat dari pohon Zaitun. Minyak zaitun juga mengandung Plorite “Triolein Tripalmitin”, terdapat juga bahan seperti “arachidic esters”, dan sedikit mengandung bahan acid yang disebut “free oleic acid”. Selain itu zaitun juga mengandung air dan kandungan mineral yang cukup banyak seperti kalsium, pengawet, dan vitamin-vitamin: (E, B2, PP, B1, dan vitamin A). Terdapat dua jenis buah Zaitun yaini Zaitun hitam dan Zaitun hijau, tentu saja zaitun hitam lebih mengandung banyak minyak. Pada daun zaitun terdapat kandungan-kandungan kimia berupa “Oleuropein acid”, yaitu jenis racun berbahaya untuk membunuh jenis-jenis kuman, virus, bakteri-bakteri, dan jenis-jenis cacing.

Dikutip dalam tulisan “Med Hatta” tentang kegunaan dan Khasiat-khasiat Natural Zaitun:

  • Daun Zaitun mengandung daya tangkal yang efektif dan mencegah berbagai penyakit, air rebusan daun zaitun dan kulitnya dipergunakan untuk menurunkan panas yang efektif.
  • Daun zaitun juga mengandung bahan-bahan natural membunuh mikrobat, jenis-jenis virus, dan bakteri-bakteri.
  • Daun zaitun mengobati penyakit yang baru ditemukan disebut (CFS) “Chronic Fatigue Syndrome”.
  • Daun zaitun mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes.
  • Daun zaitun membantu meringankan penderita AIDS yang disebabkan oleh HIV, atau daun zaitun menguatkan kekebalan tubuh menangkis serangan virus HIV.
  • Daun zaitun membantu mengurangi stress tubuh, kelelahan fisik, mengurangi dampak nyeri-nyeri disebabkan oleh penyakit menahun yang parah seperti: Aids, kanker, meringankan beban penderita, dan melawan virus-virus yang menyebabkan penyakit-penyakit berat tersebut dengan dua cara: Pertama, mencegah penyebaran virus-virus ganas itu, dan kedua, mengaktifkan dan mengontrol fungsi kekebalan tubuh untuk menciptakan jaringan-jaringan khusus membunuh virus-virus yang menyerang.
  • Daun zaitun mengobati penyakit-penyakit flu dan influenza yang tidak dapat dicegah dengan anti-biotik.
  • Minyak zaitun dan daunnya berguna untuk mengobati penyakit jantung karena menurut hasil penelitian bahwa kedua produk zaitun ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol.
  • Minyak zaitun memberikan kelembutan natural, melembutkan kulit dan wajah. Minyak zaitun dipergunakan untuk berbagai produk-produk kecantikan seperti: Krim Rambut,  produk-produk krim untuk wajah, dan sabun.
  • Olesan minyak zaitun dapat menghilangkan gatal-gatal, mencegah pengelupasan kulit, bintik-bintik, dan alergi. Mengobati luka memar, luka terbakar, dan sengatan sinar matahari.
  • Minyak zaitun dipergunakan bersama dengan obat-obat tertentu untuk mengobati penyakit kulit dan lemak. Minyak zaitun menguatkan rambut, memberikan kelembutan dan kesegara.
  • Rebusan daun zaitun membantu menurunkan kadar gula darah.
  • Mengobati nyeri otot, persendian, dan nyeri-nyeri lainnya.
  • Minyak zaitun dapat mencegah dan mengurangi strechmark pada wanita hamil atau habis melahirkan.
  • Minyak zaitun memperlancar BAB dan membantu membuang batu ginjal lewat buang air besar.
  • Minyak zaitun mengobati penyakit-penyakit dada dan dipergunakan untuk meringankan penderita cacar.
  • Riset telah membuktikan bahwa minyak zaitun efektif mencegah kanker.
  • Minyak dan buah zaitun menguatkan penglihatan, mencegah rabun malam berkat kandungan vitamin A yang tinggi, dan mencegah kelelahan kelopak mata.
  • Memperkuat daya seksual karena mengandung vitamin A dan E.

(Sekti Putri Banowati)

Comments

comments