Waspadai 10 Jenis Makanan Pemicu Kanker

Ilustrasi.

Perkembangan pengetahuan dan teknologi yang saat ini berkembang ditengah masyarakat tidak berarti membuat gaya hidup menjadi lebih sehat. Seiring berkembangnya zaman kebanyakan masyarakat ingin hidup serba praktis dan instan, termasuk dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Industri makanan dan minuman semakin banyak dan mudah untuk kita temui, berbagai jenis makanan yang bervariasi, dan rasa yang beragam. Seiring dengan hal tersebut semakin banyak pula makanan yang sebenarnya tidak sehat, karena melalui berbagai proses olahan seperti junk food dan makanan instan yang bisa jadi dikonsumsi setiap hari.

Banyak penelitian kesehatan menemukan bahwa hampir semua penyakit timbul atas perilaku manusia itu sendiri. Begitupun dengan kanker, penyakit ini banyak dikaitkan dengan pola makan dan pola kebiasaan yang buruk. Selain itu banyak berbagai makanan di sekitar kita yang ternyata mengandung zat-zat penyebab kanker. Makanan yang menjadi pemicu kanker tidak hanya disebabkan oleh zat yang dikandungnya, bisa juga karena pengolahannya yang tidak sesuai dan tidak higenis. Bahkan ketika kita berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah makanan yang sehat tetapi sebenarnya dapat menyebabkan kanker.

Kemunculan kanker bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak gula buatan, diolah dengan suhu tinggi dan digoreng beberapa kali dengan minyak kotor (jelantah), serta makanan yang tidak matang secara sempurna.

Kanker bisa menyerang siapa saja terutama jika kita mengkonsumsi makanan yang dapat memicu kemunculan bibit kanker. Agar terhindar dari kanker kita dianjurkan untuk menjaga pola makan, memperhatikan makanan yang dikonsumsi, memperbanyak asupan serat, rutin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat.

Berikut adalah daftar makanan yang perlu Anda hindari untuk memperkecil resiko kanker:

Daging olahan
Makanan daging olahan dibuat dengana tambahan garam sodium dan zat kimia yang cukup banyak sehingga bisa merusak kesehatan. Bacon, ham, dan sosis yang disebut WHO sebagai makanan yang sama bahayanya dengan rokok dan dapat menyebabkan kanker kolon (kanker usus). Sosis, nugget tempura dan beberapa makanan olahan berbahan dasar daging mengandung sodium nitrat. Sodium nitrat adalah salah satu bahan yang dapat memicu penyakit kanker.

Soda/soft drink
Soda dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Minuman warna-warni cenderung mengandung banyak gula buatan, bahan kimia makanan, dan pewarna. Zat-zat tersebut akan membantu mengasamkan tubuh dan menimbulkan pertumbuhan sel kanker.

Makanan Diet
Meski pada umumnya makanan diet baik bagi kesehatan, namun makanan diet cenderung buruk dari pemanis buatan atau sida. Studi yang dilakukan oleh otoritas Keamanan Makanan Eropa mengungkapkan bahwa aspartame-bahan yang paling umum diguakan untuk pemanis buatan, dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk cacat lahir dan kanker .

Buah dan sayur yang terpapar pestisida
Buah dan sayur yang tercemar oleh pestisida dapat memicu terjadinya kanker. Kandungan racun pada tubuh akan semakin meningkat danmemicu hormon-hormon yan merugikan tubuh. Slain itu, dengan tercemarnya tubuh kita karena buah yang mengandumh pestisida sel-sel juga akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mencuci bersih buah dan sayur sebelum Anda konsumsi akan memperkecil resiko tubuh tercemar oleh pestisida.

Makanan kaleng
Makanan kaleng sangat berahaya bagi tubuh. Bagaimanapun makanan yang tersimpan dalam kaleng akan mengalam perubahan kandungan zat, sehingga ada baiknya untuk memgurangi konsumsi makanan kaleng. Jika memang terpaksa jarus mengkonsumsi makanan kaleng, perhatikan kemasan, jangan membeli kemasan yang sudah rusak dan penyok, karena hal tersebut dapat mencemari makanan yang ada didalam kaleng.

Makanan yang diasinkan, diasapi, atau diasamkan
Makanan yang diolah dengan nitrat atau nutrit sebagai pengawet dan menambah pewarna makanan, cenderung buruk bagi kesehatan. Daging olahan seperti sosis, bologna, dan daging asap tinggi lemak dan garam. Sementara makanan asam seperti acar mengandung garam dalam jumlah tinggi. Bukti menunjukan baha jenis makanan ini dapat memicu kanker kolorektal dan kenker perut.

Gula Halus
Gula halus terbukti dapat mempercepat lonjakan tingkat insulin da menimbulkan sel-sel kanker pasa tubuh manusia. Sel-sel kanker ditemukan muncuk dengan cepat da mudah menyebar keseluruh tubuh pada mereka yang terlalu banyak mengonsumsi gula halus. Cookies, kue, pie, soda, sereal, saus, dan banyak makan olahan yang merupakan produk yang banyak mengandung banyak gula halus.

Alkohol
Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol bisa memicu terjadinya kanker, karena mengkonsumsi alkohol penyebab kedua terbesar setelah rokok. Konsumsi alkohol yang verlebihan dapat meningkatkan resiko penyalit jantung dan berakibat pada gagal jantung, stroke, serta kematian mendadak. Alohol jua dapat menyebabkan kanker mulut,esofagus, hati, kolon, dan payudara.

Snack/Makanan ringan
Snack merupakan camilan yang banyak di gemari oleh setiap orang teruama anak kecil karena berbagai varian rasa yang enak dan murah. Namun makanan yang banyak digemari ini mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan. Snack yang gurih biasanya mengandung kadar sodium yang tinggisehingga bisa menyebabkan hipertensi. Selain itu, snack juga mengandung pengawet dan penyedap buatan yang juga merupakan bahan pemicu terjadinya kanker.

Kentang goreng
Kentang goreng mengandung tingkat akrilamida (zat karsinogetik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi) saat dipanggang dan digoreng. Penelitian bahkan telah menunjukan bahwa bahan ini dapat meningkatkan resiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

(Nuri Nurul Fauziah, Mahasiswa STEI SEBI Depok)

Comments

comments