Senin Sore Jalan ARH Mulai Uji Coba Satu Arah

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyempurnakan pelaksanaan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) dengan penambahan jalur di Jalan Arief Rahman Hakim ke arah barat. Pemberlakuan tersebut mulai dilaksanakan pada Senin, 14 Agustus 2017 setiap pukul 15.00-22.00 wib.

Dilansir situs resmi Pemkot Depok, depok.go.id, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana, mengatakan, penambahan pemberlakuan SSA di Jalan Arief Rahman Hakim merupakan upaya untuk memperlancar pergerakan kendaraan di sore hari. Mengingat pada waktu tersebut, kendaraan yang berasal dari arah Jakarta sangat padat. Ditambah jalur menuju Jalan Raya Sawangan hanya difasilitasi satu jalur di Jalan Arief Rahman Hakim.

BACA JUGA:  Viral! Aksi Siswa SMP Naik Tiang Bendera Saat Upacara Kemerdekaan

“Karena itu, pemberlakuan SSA di Jalan Arief Rahman Hakim ini kami harapkan dapat memfasilitasi pengguna kendaraan yang memanfaatkan ruas Jalan Margonda Segmen 1 dan Segmen 2, serta Jalan Arief Rahman Hakim,” katanya, Minggu (13/08/2017).

Gandara menjelaskan, saat diberlakukan SSA di Jalan Arief Rahman Hakim, kendaraan yang berasal dari Jalan Margonda akan difasilitasi dua jalur di Jalan Arief Rahman Hakim. Sedangkan, kendaraan yang berasal dari arah Beji menuju Jalan Margonda harus memutar mengikuti satu arah melewati Jalan Nusantara ke Jalan Dewi Sartika.

“Jadi SSA semua kalau di sore hari yaitu dari Jalan Arief Rahman Hakim satu arah ke barat, Jalan Nusantara satu arah ke selatan dan Jalan Dewi Sartika satu arah ke timur,” jelasnya.

BACA JUGA:  BMKG: Gempa Susulan di Lombok Hingga 8 Agustus Terjadi 318 Kali

Dikatakannya, secara umum pemberlakuan SSA yang sudah berjalan dapat memfasilitasi pergerakan masyarakat pengguna kendaraan di pagi hari. Karena itu, pihaknya ingin menyempurnakan dengan menambah jalur di Jalan Arief Rahman Hakim, sehingga di sore hari pelaksanan SSA juga bisa dirasakan manfaatnya oleh pengguna kendaraan.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Depok, Akhmat Zaini menuturkan, pihaknya tengah menyiapkan pemasangan rambu-rambu baru untuk membantu kelancaran dalam teknis pelaksanaan optimalisasi SSA. Selain itu juga dilakukan penyesuaian pada fase dan durasi lampu lalu lintas di Simpang Ramanda dan PLN di Jalan Nusantara.

BACA JUGA:  BNPB: Gempa 6,2 SR di NTB Kamis Siang Susulan dari Gempa 7 SR

“Petugas juga kami siapkan di titik-titik yang diterapkan perubahan jalur, dan di lokasi yang membutuhkan pergerakan cepat,” katanya.

Dirinya berharap, penyempurnaan SSA ini bisa benar-benar memfasilitasi warga dan mempercepat pergerakan kendaraan. Dirinya juga ingin warga bisa memaklumi, serta mematuhi peraturan yang ada demi kebaikan semua pihak.

“Mudah-mudahan warga bisa mendukung dan segera menyesuaikan diri dengan sistem yang baru ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, uji coba SSA mulai diterapkan sejak 29 Juli 2017 di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika. Pemkot Depok memberlakukan sistem ini sebagai solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Depok.

Comments

comments